Sukses

5 Pesona Johan Cruyff ArenA, Venue Euro 2020 yang Warna Warni dengan Atap Buka Tutup

Johan Cruyff Arena pantas dipilih sebagai venue Euro 2020-2021 karena termasuk stadion paling modern di Eropa

Liputan6.com, Jakarta Kalau Anda mendengar nama Johan Cruyff, ingatan pasti melayang ke sosok pesepak bola handal asal Belanda yang sukses di dua klub yaitu Ajax dan Barcelona. Johan Cruyff berjasa besar kepada kedua klub ini sehingga namanya selalu dikenang.

Ajax Amsterdam pun mengenang jasa Johan Cruyff dengan menamai stadion mereka dengan Johan Cruyff Arena. Sejak musim 2018-2019, Amsterdam Arena berubah menjadi Johan Cruyff Arena.

Kini, Johan Cruyff Arena menjadi venue Euro 2020. Markas Ajax ini akan menghelat seluruh laga fase grup C yang melibatkan Timnas Belanda.

Belanda seperti diketahui satu grup dengan Ukraina, Austria dan Makedonia Utara. Setelah itu, Johan Cruyff Arena juga bakal menggelar duel babak 16 besar satu kali.

Apa saja pesona Johan Cruyff Arena, yuk kita simak satu per satu di halaman berikutnya:

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dibangun Tiga Tahun

 

Stadion istimewa ini dibangun selama tiga tahun pada 1993 sampai 1996. Pemerintah Amsterdam membutuhkan dana tinggi hingga 140 juta euro atau Rp 2,4 Triliun.

Stadion ini pantas bernilai mahal karena punya atap yang bisa buka tutup. Selain itu, kapasitas stadion juga besar bisa menampung hingga 55 ribu penonton.

Awalnya pembangunan stadion di Amsterdam ditujukan untuk Olimpiade 1992. Namun Amsterdam kalah oleh Barcelona.

 

3 dari 6 halaman

Warna Warni

 

Stadion ini tentu lebih menarik dan membanggakan dibandingkan stadion lama Ajax, De Meer. Dari kapasitas saja naik dari 19 ribu menjadi 55 ribu penonton.

Stadion ini jadi lebih menarik karena dihias oleh banyak warna. Sejak dari luar saja, Anda sudah bisa melihat kesan "colorful" dari stadion ini.

Kesan warna warni bakal lebih kental saat Anda masuk ke dalamnya. Beberapa tribun dicat dengan warna kontras yang menarik mata.

 

4 dari 6 halaman

Atap Buka Tutup

 

Stadion ini juga menjadi stadion pertama di Eropa yang memiliki atap buka tutup. Mungkin stadion New Bernabeu milik Madrid bakal menyamai stadion ini kalau sudah selesai.

Butuh waktu 20 menit untuk melakukan proses buka dan tutup atap. Namun stadion ini sempat bermasalah karena konstruksi stadion tak mengakomodir pertumbuhan rumput dengan baik.

Namun masalah ini teratasi setelah dipasang alat penumbuh rumput. Alat ini terdiri dari lampu, turbin angin dan penyemprot air.

 

5 dari 6 halaman

Dekat Kemana-Mana

 

Stadion ini terletak di Tenggara Amsterdam. Stadion terletak sekitar 10 km dari pusat kota.

Stadion ini sangat praktis karena bersatu dengan stasiun kereta. Sehingga kalau tak memakai mobil atau kendaraan umum, fasilitas kereta bisa dipakai menuju kesana.

 

6 dari 6 halaman

Pusat Hiburan

 

Johan Cruyff Arena terletak di pusat hiburan kota Amsterdam. stadion juga dekat dengan area belanja dengan bioskop yang besar.

Ada juga tempat konser yang biasa dipakai yaitu Ziggo Dome dan Afas Live. Hotel-hotel juga bertebaran dekat stadion mulai yang murah hingga yang mahal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.