Sukses

5 Perubahan Terbesar MU di Bawah Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer memahami klub dan para penggemar pada level yang lebih dalam daripada manajer MU sebelumnya di era setelah Sir Alex Ferguson.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United atau MU belum berada di tempat yang mereka inginkan. Tapi, tidak ada keraguan bahwa Ole Gunnar Solskjaer telah meningkatkan Setan Merah.

MU telah mencapai salah satu poin terendah mereka ketika Jose Mourinho dipecat pada Desember 2018 lalu. Tim itu memainkan sepak bola defensif dan membosankan.

Masuknya Ole Gunnar Solskjaer seperti menghirup udara segar dan kendati ada kekhawatiran tentang kredensial awalnya. Legenda MU itu telah terbukti menjadi orang yang tepat untuk membawa klub maju.

Solskjaer memahami klub dan para penggemar pada level yang lebih dalam daripada manajer mana pun yang mengambil peran di era setelah Sir Alex Ferguson. Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat lima perubahan terbesar yang dilakukan Ole Gunnar Solskjaer di MU seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

 

 

 

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. MU mendapatkan keuntungan dari manajemen pemain kelas dunia Solskjaer

Di bawah Jose Mourinho, terbukti chemistry skuat MU sedang menurun. Juru taktik asal Portugal itu terus berselisih dengan para pemainnya dan melemparkan tanggung jawab ketika keadaan menjadi sulit.

Paul Pogba, Anthony Martial, dan Luke Shaw menanggung beban paling berat. Yang lebih buruk lagi, MU tidak memiliki pemimpin.

Soal manajemen, Ole Gunnar Solskjaer nampaknya sudah mencontek Sir Alex Ferguson. Jika seorang pemain membutuhkan tepukan di punggung atau bahunya, orang Norwegia itu akan berada di sana untuk memberikan perhatian dan perhatian yang tepat.

Terlepas dari semua keributan yang dibuat Mino Raiola tentang masa depan Pogba, Solskjaer telah memisahkannya dari sang pemain dan telah berhasil mengeluarkan yang terbaik dari Paul Pogba. Dia juga mengubah Luke Shaw menjadi salah satu full-back terbaik di Liga Inggris setelah pemain tersebut dikritik habis-habisan oleh Jose Mourinho.

Harry Maguire dan Mason Greenwood sama-sama menjadi kontroversi di awal musim. Solskjaer mendukung mereka berdua dan meskipun Greenwood membutuhkan waktu untuk mengumpulkan posisinya setelah peristiwa musim panas lalu dan kematian seorang teman dekat, dia telah kembali melangkah.

Solskjaer telah memainkan peran besar dalam keputusan Edinson Cavani untuk memperpanjang masa tinggalnya di Old Trafford. Diia belum merasa perlu membuang satu pemain pun sejauh ini, berbeda dari apa yang biasa dilihat oleh pendukung setia Old Trafford di bawah Mourinho.

3 dari 6 halaman

4. Pertahanan Lebih Solid

Pada musim 2019-20, fokus Solskjaer tertuju pada lini belakang MU. Dia membawa pemain yang tepat dan juga meningkatkan pemain yang sudah ada untuk membantu tim menopang di belakang.

Di musim penuh pertamanya sebagai manajer MU, Solskjaer membawa pasukannya mencatatkan rekor pertahanan terbaik ketiga di Liga Inggris. Harry Maguire dan Victor Lindelof, meski punya kekurangan, terbukti pandai menjaga lawan.

Rekor pertahanan mereka belum terlalu bagus musim ini tapi masih merupakan peningkatan besar dari apa yang kami lihat selama musim 2018-19. Selain itu, Maguire dan Lindelof menjadi penting bagi gaya permainan MU.

Maguire sering memberikan dorongan dari belakang saat dia maju ke depan dengan bola. Sementara Lindelof menjadi mahir dalam memberikan umpan ke jalur depan.

 

4 dari 6 halaman

3. Fokus pada Pemain Muda

Akademi MU adalah salah satu yang terbaik di dunia. Mereka secara konsisten menghasilkan pemain kelas dunia dan terus melakukannya. Di bawah Ole Gunnar Solskjaer, ada fokus baru pada pemain muda dalam hal perekrutan dan pengembangan.

Cara Solskjaer mengintegrasikan Greenwood ke dalam starting XI patut mendapatkan banyak pujian. Karyanya yang sama mengesankannya dengan Marcus Rashford, Dean Henderson, Scott McTominay, dan Axel Tuanzebe, yang semuanya sekarang telah menjadi pemain dalam skuat.

Solskjaer merekrut remaja Amad Diallo dan Facundo Pellistri dan telah mengawasi perkembangan mereka. Amad sudah tampil beberapa kali untuk tim senior. Pemain muda Anthony Elanga menjadi starter saat melawan Leicester City pekan lalu.

Klub juga mendapatkan beberapa rekrutan besar di level yunior, termasuk Marc Jurado dari Barcelona dan Alvaro Fernandez dari Real Madrid musim panas lalu.

 

5 dari 6 halaman

2. Sepak bola yang dimainkan

MU terkenal dengan sepak bola menyerang di bawah Sir Alex Ferguson. Tim menyatukan beberapa umpan cepat dan mereka tidak pernah menghindar dari mengambil risiko. Ini adalah sesuatu yang hilang di bawah David Moyes, Louis van Gaal, dan Jose Mourinho.

Tapi, Solskjaer memilih untuk mengikuti jalan Ferguson. Dengan para penggemar yang terpesona oleh otomatisasi yang diterapkan Pep Guardiola di Manchester City, ada seruan bagi MU untuk mengadopsi sesuatu yang serupa.

Manajer Leeds United Marcelo Bielsa, yang dipandang sebagai salah satu ahli taktik terbaik, memuji pendekatan Solskjaer, baru-baru ini. "Sepak bola sederhana adalah sepak bola terbaik. Yang terbaik adalah ketika pemain diizinkan melakukan apa yang terbaik. Manchester United adalah contohnya," kata juru taktik asal Argentina itu.

"Bermain sederhana itu sangat sulit. Ketika Anda berhasil mencapainya, itu sangat memuaskan."

Solskjaer juga terbukti mahir secara taktik dan menguasai hampir semua manajer bagus yang dia temui. Dia telah menjadi duri di leher bagi Pep Guardiola khususnya. Dia telah memenangkan empat laga dan hanya kalah tiga kali melawan Guardiola.

Dia juga memenangkan ketiga pertandingan tandang yang dimainkan di Etihad.

 

6 dari 6 halaman

1. MU mendapatkan rekrutan yang lebih baik di bawah Solskjaer

Rekrutmen MU di bawah Solskjaer kurang lebih tepat. Dia mendatangkan Harry Maguire dan Aaron Wan-Bissaka, yang bisa dibilang dua bek terbaik di Liga Inggris. Perjalanan Daniel James juga masih panjang, tetapi telah efektif sebagai pemain skuat musim ini.

Bruno Fernandes telah menjadi salah satu rekrutan terbaik di Liga Inggris dan gelandang tersebut telah menjadi pemain kelas dunia sejak tiba di Old Trafford. Dia telah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Manchester United di kedua musim dia berada di sana.

Odion Ighalo awalnya memberikan pelapis yang memadai untuk Anthony Martial meski kontribusinya menyusut setelah masa tinggalnya diperpanjang. Amad Diallo telah menunjukkan banyak janji. Kedatangan Alex Telles telah menghasilkan yang terbaik dalam diri Luke Shaw. Perekrutan Telles telah menjadi contoh yang baik tentang bagaimana persaingan dalam tim dapat meningkatkan pemain.

Edinson Cavani, yang awalnya dianggap sebagai pembelian panik, telah menjadi salah satu pemain terbaik MU musim ini. Donny van de Beek adalah pembelian murah tetapi dia mungkin satu-satunya kesalahan dalam catatan transfer di bawah pelatih Norwegia itu.

Pemain asal Belanda itu telah menunjukkan banyak kualitas tetapi akan selalu menjadi tugas yang sangat berat untuk menggantikan pemain seperti Pogba dan Fernandes dari tim utama.

Lebih baik lagi, Solskjaer dilaporkan ingin mengontrak Erling Haaland, Jude Bellingham, dan Jadon Sancho sebelum mereka menjadi terkenal seperti yang mereka lakukan belakangan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Berita Bola