Sukses

Hajar Persib, Persija Juara Piala Menpora 2021

Persija menjuarai Piala Menpora 2021 usai menang dua kali atas Persib di The Finals.

Liputan6.com, Solo- Persija Jakarta berhasil menjuarai Piala Menpora 2021. Macan Kemayoran menang mutlak atas rival abadinya Persib Bandung. Di leg kedua yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021), Persija menekuk Maung Bandung 2-1.

Kemenangan di leg kedua ini mempertegas dominasi Persija atas Persib di final Piala Menpora 2021. Persija sebelumnya juga menang 2-0 pada leg pertama.

Meski sudah punya keunggulan dua gol, Persija justru mampu mendominasi pertandingan di menit-menit awal. Persija punya peluang pertama di menit 21. Namun sundulan Riko Simanjuntak masuk melebar.

Dua menit kemudian malapetaka menimpa Persib. Mereka harus bermain dengan 10 pemain setelah Bayu Fiqri diusir wasit usai menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Marco Motta.

Persib makin sulit mengejar ketertinggalan dua gol. Pelatih Robert Rene Alberts terpaksa menarik Esteban Vizcarra digantikan Ardi Idrus.

Persija hampir menjebol gawang Persib tak lama setelah cooling break. Sayangnya sontekan Taufik Hidayat gagal menemui sasaran.

Kalah jumlah pemain, Persib kesulitan mengancam Persija. Skor kacamaa bertahan sampai turun minum.

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Butuh gol, Persib melakukan perubahan di awal babak kedua. Alberts memasukkan Ferdinand Sinaga dan Supardi Nasir. Situasi ini justru membuat pertahanan Persib semakin longgar.

Hasilnya Persija justru mampu mencetak gol di menit 51 lewat serangan balik. Riko Simanjuntak memberikan umpan manis akrobatik kepada Osvaldo Haay. Dengan tenang eks pemain Persipura itu melepaskan tendangan keras kaki kiri yang tak kuasa dibendung Made Wirawan.

Persib meningkatkan tempo permainan setelah cooling break babak kedua. Keputusan ini terbukti tepat. Maung Bandung bisa menyamakan skor lewat Ferdinand.

Ferdinand melepaskan tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Persija. Bola gagal ditanduk Victor Igbonefo, namun kiper Persija Andritany juga terkecoh sehingga bola masuk ke gawang.

3 dari 3 halaman

Riko

Persija tak memberi kesempatan Persib untuk kembali menghidupkan peluang. Di menit 90, Persija kembali unggul 2-1. Kali ini Riko yang mencatatkan namanya di papan skor.

Kembali lewat skema serangan balik cepat long ball, Persija menjebol gawang Persib. Umpan jauh Otavio Dutra diterima Osvaldo. Berlari kencang menusuk pertahanan Persib, Osvaldo kemudian gantian memanjakan Riko dengan umpan matang. Dengan tenang Riko melepaskan tembakan kaki kanan ke tiang jauh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.