Sukses

Lolos ke Final Piala Menpora 2021, Pelatih Persib Tak Terlalu Puas

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung berhasil menyingkirkan PSS Sleman di babak semifinal sekaligus lolos ke babak final Piala Menpora 2021. Meski menang, pelatih Persib Robert Rene Alberts belum puas dengan kualitas pertandingan.

Persib yang sudah mengantongi kemenangan 2-1 di leg pertama, bermain imbang laaan PSS Sleman 1-1 pada leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Senin (19/4/2021). Hasil itu sudah cukup membawa Pangeran Biru ke final melawan Persija Jakarta.

Robert mengaku sudah cukup puas dengan hasil yang diraih Persib sejauh ini di turnamen pramusim. Namun, targetnya di turnamen ini sebetulnya untuk mengembalikan kondisi pemain setelah satu tahun tidak tampil di kompetisi.

"Kami di tim, pemain dan ofisial sangat senang karena kami bisa mencapai babak final. Tapi semua bisa melihat kualitas pertandingan, bukan hanya pertandingan kami tapi juga laga sebelumnya kemarin kurang berkualitas," ujarnya seusai pertandingan.

Robert mengungkapkan bahwa di turnamen ini, Persib seolah dituntut untuk selalu menang. Namun tak menyadari bahwa saat sejak fase gugur, para pemain dan seluruh perangkat tim menjalani ibadah puasa. Padahal, para pemain juga baru berlatih selama beberapa pekan untuk mengikuti persiapan pramusim dengan situasi kompetisi vakum setahun.

"Tentunya semua orang harus paham pemain sangat kerepotan karena ini Ramadan dan kami diharapkan untuk bisa memenangkan pertandingan. Selain itu pemain tidak berlaga selama satu tahun. Dan baru bermain selama lima kali, kami harus memainkan laga seperti ini, bisa dilihat kualitas permainan sepakbolanya tidak bagus," tuturnya.

2 dari 5 halaman

Tunggu Cedera Dedi

Krusialnya laga antara Persib vs PSS membuat gelandang Persib Dedi Kusnandar mengalami cedera. Pemain bernomor punggung 11 itu pun kemudian digantikan Farshad Noor.

"Dia masih diperiksa di rumah sakit saat ini dan saya harap dia bisa kembali bergabung bersama kami," kata Robert.

Soal lawan yang dihadapi Persib di final, Robert masih menunggu kondisi pemainnya pasca laga melawan PSS. Ia berharap tak ada pemain yang mengalami cedera sebab kompetisi baru akan dimulai Juli nanti.

"Soal siapa yang main di final dan siapa yang tidak main tidak penting, yang penting adalah liga bisa bergulir lagi," ujar pelatih 66 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Performa Ezra Walian

Robert menilai semua pemain adalah sama. Meski Ezra Walian menjadi pencetak gol balasan, Robert menilai Persib tidak tampil cemerlang karena satu atau dua pemain tetapi karena tim.

"Ini bukan hanya Ezra tapi sebagai tim. Ezra menunjukan keinginan kuat mencetak gol dan itu gol yang sangat penting, kami turut senang terhadap Ezra tapi juga untuk tim," ungkapnya.

4 dari 5 halaman

Pemain Happy

Sementara itu, I Made Wirawan juga mensyukuri hasil yang diraih timnya. Meski imbang, Persib sudah dipastikan lolos ke babak final.

"Kalau saya sendiri menilai pertandingan cukup berat. Tapi yang pasti sekarang kita sudah sampai ke final dan pemain lain juga happy dengan hasil ini," kataMade.

Di final leg pertama, Persib akan berjumpa Persija Jakarta di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Kamis (22/4/2021). Sementara leg kedua akan digelar di Stadion Manahan Solo pada Minggu (25/4/2021).

5 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini