Sukses

Geliat Tim Eks Perserikatan di Piala Menpora 2021, Bakal Berjaya di Liga 1?

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena unik hadir pada perhetalan Piala Menpora 2021. Tim eks Perserikatan menunjukkan tajinya dengan menguasai seluruh tempat di semifinal.

Tanda-tanda hadirnya anomali ini sudah terlihat di delapan besar. Hanya Barito Putera yang mewakili eks Galatama. Sementara Bali United tidak sepenuhnya masuk kategori karena merupakan klub Perserikatan dan Galatama, Persisam dan Putra Samarinda.

PSM Makassar jadi eks tim Perserikatan yang melaju ke semifinal Piala Menpora 2021. Juku Eja menyingkirkan sesama PSIS Semarang 4-2 (0-0) melalui adu penalti.

Persija Jakarta menyusul kemudian dengan membungkam Barito 1-0. Setelahnya giliran Persib Bandung yang memenangkan duel klasik melawan Persebaya Surabaya lewat skor 3-2.

Teranyar PS Sleman mengejutkan juara Liga 1 2019 Bali United juga lewat babak tos-tosan. Elang Jawa berjaya 4-2 setelah tidak ada gol tercipta dalam 2x45 menit.

"Dari posisi terakhir (babak grup) kita lolos. Semuanya bagus karena kerja keras dan hasilnya ini untuk pemain. Mereka semua senang," kata pelatih PSS Dejan Antonic usai pertandingan.

2 dari 4 halaman

Dominasi di Ajang Lain

Dominasi eks tim Perserikatan di Piala Menpora 2021 sebenarnya tidak mengejutkan. Klub berstatus tersebut pada dasarnya memiliki basis penggemar besar di Tanah Air karena mengusung kebanggaan daerah. Jumlah suporter tinggi tersebut berdampak lurus dalam operasional klub untuk memburu prestasi.

Sejak bersaing dengan Galatama mulai 1994, tim eks Perserikatan unggul dalam jumlah gelar kompetisi. Mereka menjadi juara Indonesia sebanyak 14 kali dengan Persipura Jayapura mengoleksi enam titel. Jumlah tersebut dua kali lipat dari tim eks Galatama.

Tim eks Perserikatan juga berjaya di turnamen pramusim bergengsi. Hanya satu gelar yang lepas ke klub eks Galatama dari 13 perhelatan Piala Gubernur Jawa Timur.

Klub mantan Perserikatan juga menandingi eks Galatama dengan berbagi sama-sama dua trofi Piala Presiden.

3 dari 4 halaman

Cerminan Liga 1?

Apakah fenomena di Piala Menpora 2021 jadi bocoran hal serupa akan kembali terjadi jika Liga 1 edisi 2021 bergulir nanti? Kemungkinan sangat besar.

Eks Galatama yang pernah jadi juara Indonesia, Arema FC (2009-2010, gagal bicara banyak di Piala Menpora 2021. Sementara klub lain yang mengemban status sama, Sriwijaya FC (juara 2007, 2011-2012), justru berkutat di Liga 1.

Nama lain seperti Bali United atau Bhayangkara FC Solo tidak bisa benar-benar mengibarkan bendera Galatama karena sejarah masing-masing bersinggungan dengan Perserikatan.

Bandingkan dengan tim mantan perserikatan. Persib dan Persija membuktikan ketangguhan berkat skuat bertabur bintang. Sementara Persebaya, PSM, hingga PSS siap jadi kuda hitam.

Jangan lupakan Persipura. Kualitas mereka tidak bisa diraba karena memutuskan absen dari Piala Menpora 2021. Namun, berbekal tradisi juara kuat, Mutiara Hitam tetap berpotensi kembali bertakhta.

"Saya percaya diri Persib jadi kandidat juara di liga. Saya melihat apa yang sudah dikerjakan di tim ini. Kami begitu solid dan tangguh. Persib Bandung adalah klub yang fantastis dan punya suporter yang luar biasa. Manajemen Persib profesional, jadi kami mempunyai seluruh modal untuk bersaing dengan tim lain," tandas pelatih Persib Robert Alberts beberapa waktu lalu.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Piala Menpora Berikut Ini