Sukses

Belum Menang Lagi, AC Milan Siapkan 3 Formasi Baru

Bos AC Milan Stefano Pioli bisa mencoba tiga formasi alternatif untuk memperbaiki cacat yang muncul dalam beberapa pekan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Manajer AC Milan Stefano Pioli kemungkinan akan mengubah formasi dalam beberapa minggu mendatang. Ini dilakukan jika performa tim terus membawa hasil yang kurang memuaskan, terutama di Liga Italia.

Selama ini Rossoneri menggunakan formasi 4-2-3-1. Namun, jika strategi tersebut tetap tidak menguntungkan Pioli pun membuka kemungkinan untuk merubahnya.

Pioli sempat ditanya wartawan setelah kekalahan derby 0-3 melawan Inter Milan, Minggu kemarin: "Bisakah Milan meninjau kembali formasi mereka mengingat kesulitan yang terjadi pada periode terakhir?"

"Kita lihat, semuanya mungkin. Mulai besok kami akan membuat penilaian dengan memikirkan yang terbaik untuk tim," jawab Pioli.

Dengan kekalahan itu, AC Milan kini baru mengoleksi 49 poin, tertinggal 4 poin dari Inter Milan di puncak klasemen. Liga Italia sendiri telah memasuki pekan ke-23.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Natural

Menurut yang terbaru dari Calciomercato.com, alternatif yang paling sesuai dengan karakteristik skuat - dan oleh karena itu dua sistem yang kemungkinan akan dia pertimbangkan untuk diubah - adalah 4-3-3 dan atau 4-4-2.

Formasi 4-4-2 digunakan pada awal tahun 2020 ketika Zlatan Ibrahimovic tiba dan bermitra dengan Rafael Leao. Namun, masih harus dilihat apa artinya itu bagi pemain seperti Hakan Calhanoglu dan Brahim Diaz, pemain nomor 10 yang lebih natural.

3 dari 4 halaman

Lebih Efektif

Mengenai 4-3-3, formasi itu akan berfungsi dengan cara yang mirip dengan 4-2-3-1 saat ini. Tapi, dengan pemain sayap yang lebih maju dan tubuh ekstra di tengah, dan bisa efektif seperti yang ditunjukkan Spezia akhir pekan lalu melawan Milan.

4 dari 4 halaman

Pertahanan Tiga Orang

Formasi 3-5-2 berupa pertahanan tiga orang yang terdiri dari Tomori, Kjaer dan Romagnoli (tanpa mengabaikan kemungkinan bermain Kalulu) bisa sangat membantu, dengan Theo Hernandez berfungsi sebagai bek sayap dan Saelemaekers (atau Calabria / Castillejo).

Di sisi lain, Kessie, Tonali dan Calhanoglu akan berada di tengah lapangan dengan orang Turki itu memiliki tugas yang lebih ofensif daripada defensif. Ibrahimovic akan bergabung dengan Rebic, Leao atau Mandzukic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.