Sukses

Prestasi Timnas Indonesia Saat PSSI Dipegang Nurdin Halid

Nurdin Halid baru saja mendapat gelar doktor kehormatan (Honoris Causa) dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk bidang Bidang Industri Olahraga. Pemberian gelar itu menimbulkan kegaduhan.

Liputan6.com, Jakarta - Nurdin Halid baru saja mendapat gelar doktor kehormatan (Honoris Causa) dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk bidang Bidang Industri Olahraga. Pemberian gelar itu menimbulkan kegaduhan.

Para mahasiswa Unnes memprotes pemberian gelar tersebut dengan berunjuk rasa di lingkungan kampus. Mereka menilai sosok Nurdin kontroversial dan tidak layak mendapat gelar tersebut.

Nurdin sendiri memang pernah berkecimpung di dunia olahraga. Pria asal Sulawesi Selatan itu pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI 2003-2011.

Saat dipegang Nurdin, PSSI terus mengundang kecaman publik. Bukan apa-apa, otoritas tertinggi sepak bola nasional itu kerap membuat keputusan yang mengundang polemik.

Keputusan-keputusan kontroversial PSSI di era Nurdin antara lain penghilangan status degradasi kompetisi kasta tertinggi, pelanggaran disiplin di pentas kompetisi, hingga kasus-kasus dugaan pengaturan skor.

Secara pribadi, Nurdin pun beberapa kali tersandung kasus hukum. Itu membuatnya harus memimpin PSSI dari balik penjara, meski hal tersebut tak sesuai statuta FIFA.

 

Saksikan Video PSSI di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prestasi Timnas Indonesia

Selain secara kelembagaan dan organisasi, PSSI era Nurdin juga mengundang kecaman lantaran prestasi timnas Indonesia yang jeblok. Di era Nurdin, Timnas Indonesia sempat gagal lolos dari fase grup pada AFF 2007.

Di pentas internasional, timnas Indonesia ikut berpartisipasi di Piala Asia 2005. Sayang, langkah Ponaryo Astaman dkk. hanya terhenti di fase grup.

Timnas Indonesia kemudian masuk ke putaran final Piala Asia 2007 lantaran terpilih sebagai tuan rumah. Ketika itu, Indonesia menjadi tuan rumah bersama dengan Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Lagi, Timnas Indonesia hanya bisa berpartisipasi hingga fase grup. Timnas Indonesia finis di urutan ketiga di bawah Arab Saudi dan Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

Final AFF 2010

Timnas Indonesia sempat menginjakkan kaki di partai final AFF 2010. Di bawah asuhan mendiang Alfred Ridel, Firman Utina dkk. berjumpa Malaysia di partai puncak.

Sayangnya, Timnas Indonesia kalah 0-3 pada leg pertama di Malaysia. Di Jakarta, timnas Indonesia hanya bisa menang 2-1.

Gelar juara Piala AFF pun melayang ke tangan Malaysia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.