Sukses

Dibantu Duo Denmark, Anthony Sinisuka Ginting Lolos ke BWF World Tour Finals

Liputan6.com, Bangkok - Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting lolos dramatis ke BWF World Tour Finals yang berlangsung pekan depan. Anthony mendapat tiket setelah dua syarat pada babak 8 besar di Toyota Thailand Open 2021 terpenuhi.

Tersingkir di 16 besar turnamen bulu tangkis kelas Super 1.000 tersebut, Anthony membutuhkan bantuan dari rival untuk maju ke World Tour Finals.

Pertama Andres Antonsen (Denmark) menaklukkan Sameer Verma (India) dengan Hans-Kristian Vittinghus (Denmark) membungkam Lee Cheuk Yiu (Hong Kong). Hasil itu diperlukan agar peringkat Anthony tidak digeser Verma atau Lee.

Nyatanya Antonsen dan Vittinghus berjaya masing-masing lewat rubber game. Antonsen membekuk Verma 21-13, 19-21, 22-20 dengan Vittinghus mengalahkan Lee 20-22, 21-12, 21-19 pada laga di Impact Arena, Jumat (22/1/2021).

Dengan hasil ini, peserta tunggal putra BWF World Tour Finals adalah Antonsen, Anthony, Viktor Axelsen (Denmark), Chou Tien Chen (Chinese Taipei), Angus Ng Ka Long (Hong Kong), Wang Tzu Wei (Chinese Taipei), Srikanth Kidambi (India), dan Lee Zii Jia (Malaysia).

2 dari 4 halaman

Jadi 5

Indonesia sebelumnya sudah mendapat empat tiket BWF World Tour Finals. Mereka adalah ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Sementara dua duet lain yakni ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

3 dari 4 halaman

BWF World Tour Finals

BWF World Tour Finals 2021 berlangsung pada 27-31 Januari mendatang. Turnamen ini diikuti delapan atlet atau pasangan terbaik berdasar daftar peringkat terbaru. Setiap negara maksimal bisa mengirim dua wakil.

Namun, karena situasi pandemi Covid-19, turnamen hanya boleh diikuti mereka yang mengikuti dua edisi Thailand Open.

Tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal terlibat persaingan memperebutkan tiket karena selalu tersingkir cepat di dua ajang Thailand Open.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Bulu Tangkis Berikut Ini