Sukses

Cristiano Ronaldo Cetak Rekor Gol dengan Juventus, Federasi Sepak Bola Republik Ceko Menggugat

Liputan6.com, Praha- Rekor 760 gol yang sudah dicetak Cristiano Ronaldo ternyata mendapatkan gugatan. Sebelumnya, Ronaldo didaulat sebagai pencetak gol terbanyak untuk klub dan Timnas usai mencetak 2 gol bagi Juventus di Piala Super Italia.

Namun klaim ini mendapatkan tentangan dari Federasi Sepak Bola Republik Ceko (CFA). Menurut mereka, legenda Republik Ceko Josef Bican merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah dengan total 821 gol.

Ronaldo disebut sudah melewati Bican usai mencetak dua gol ke gawang Napoli pada Piala Super Italia. Dua gol ini membuatnya teratas dengan 760 gol.

Sedangkan Bican berada di posisi kedua dengan 759 gol. Pele di posisi ketiga dengan 757 gol, Romario keempat (743) dan Lionel Messi kelima (719).

Bagi CFA Josep Bican sudah mencetak lebih banyak gol saat main di Slavia Praha dan Rapid Vienna antara 1931 sampai 1955. CFA melakukan investigasi dan yakin Bican lebih banyak dibandingkan Ronaldo.

 

2 dari 4 halaman

Tambah 62 gol

 

CFA menambahkan 62 gol untuk Biscan. Ini membuat Bican mencetak 821 gol sepanjang kariernya.

"Josef Bican atau Cristiano Ronaldo? Pertanyaan simpel tapi jawabannya sulit. Ini terutama disebabkan dari jumlah gol Bican, Anda harus memilih yang laga resmi, itu rumit," kata Jaroslav Kolar dari CFA seperti dikutip Goal.com.

"Komite statistik dan sejarah CFA mulai menyelidiki ini. Berdasarkan riset dan statistik, kami melihat gol Bican di 1952 bersama klub divisi dua Ceko Hradec Kralove sudah hilang. Kami berusaha menemukan gol dan terdapatlah 53 gol."

 

3 dari 4 halaman

Lewati Ronaldo

 

Setelah cek kesana kemari, CFA yakin jumlah gol yang dicetak Bican lebih banyak dari Ronaldo.

"Setelah itu, kami menemukan angka resmi jumlah gol Bican. Kami bisa umumkan jumlah gol Bican 821 gol di pertandingan resmi," ujar Kolar.

"Dengan demikian, Ronaldo belumlah pencetak gol terbanyak. Dia masih harus kerja keras untuk pecahkan rekor ini."

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Cristiano Ronaldo Di Bawah Ini: