Sukses

Gerard Houllier Meninggal Dunia, Mantan Bintang Liverpool Sedih dan Terpukul

Liputan6.com, Jakarta Mantan manajer Liverpool, Gerard Houllier, dikabarkan meninggal dunia. Eks pelatih yang sukses membawa The Reds meraih berbagai trofi wafat di usia 73 tahun.

Houllier meninggal dunia beberapa hari setelah menjalani operasi jantung. "Kami berduka atas meninggalnya manajer peraih treble kami, Gerard Houllier. Semua orang di Liverpool Football Club memikirkan keluarga Gerard dan banyak teman. Beristirahatlah dalam damai, Gerard Houllier 1947-2020 ." demikian pernyataan akun Twitter resmi Liverpool.

Houllier melatih Liverpool dari tahun 1998 hingga 2004. Sebagian besar kariernya didedikasikan dengan membawa Liverpool meraih kesuksesan di abad ke-21.

Dia membantu perkembangan sejumlah pemain hingga jadi bintang. Sebut saja Steven Gerrard, Michael Owen, Jamie Carragher, dan lainnya.

Penghormatan pun mengalir dari seluruh dunia sepak bola untuk Houllier. Carragher menulis di Twitter: "Benar-benar terpukul oleh berita tentang Gerard Houllier, saya menghubunginya hanya bulan lalu untuk mengatur dia datang ke Liverpool."

Simak Video Menarik Berikut Ini

2 dari 5 halaman

Sangat Sedih

"Mencintai pria itu, dia mengubah saya sebagai pribadi dan sebagai pemain dan mendapat piala kemenangan kembali @LFC. Bos RIP," kenang Carragher.

Owen menambahkan di Twitter: "Sangat sedih mendengar bos lama saya, Gérard Houllier, telah meninggal dengan sedih. Manajer yang hebat dan pria yang benar-benar peduli. #RIPBoss."

3 dari 5 halaman

Momen Terbesar

Mantan bek Liverpool dan asisten pelatih Phil Thompson merilis pernyataan memilukan di Twitter tentang meninggalnya Houllier, yang pernah bekerja bersamanya di Anfield.

Thompson bekerja dengan Houllier selama enam tahun sebagai asisten manajer. Dia mengatakan bahwa saat dibawa kembali ke klub adalah salah satu momen terbesar dalam hidupnya.

4 dari 5 halaman

Cukup Sukses

Houllier dinilai cukup sukses dalam karier kepelatihannya. Dia pernah melatih klub-klub besar pada masanya seperti Liverpool, Lyon, dan Aston Villa.

Di tangan Houllier, Liverpool meraih treble di musim 2000/2001. The Reds memenangkan Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Piala UEFA.

5 dari 5 halaman

Catatan Karier

Houllier dipercaya melatih Liverpool dari tahun 1998 sampai 2004. Dari 304 laga, dirinya membawa Liverpool 160 kali menang, 70 kali seri, dan 74 kali kalah.