Sukses

Turun 9 Kg, De La Hoya Ingin Naik Ring Lagi Tahun Depan

Oscar De La Hoya sempat menjadi primadona tinju profesional.

Liputan6.com, Jakarta Petinju flamboyan, Oscar De La Hoya, benar-benar serius naik ring lagi. Mantan pemegang gelar juara dunia 6 kelas berbeda itu ingin mewujudkan keinginan tersebut tahun depan. 

De La Hoya sempat menjadi primadona tinju profesional dunia. Petinju berparas tampan itu memiliki kombinasi pukulan yang menakjubkan meski gerakannya tidak lincah dan menghibur.  

Sepanjang kariernya, De La Hoya telah bertemu petinju-petinju hebat di eranya. Mulai dari Julio Cesar Chavez, Shane Mosley, Hector Camacho, Felix Trinidad, hingga Manny 'Pacman' Pacquiao. 

Pertarungan terakhir De La Hoya berlangsung 2008 lalu. Sayang dia menutup kariernya dengan hasil yang kurang menggembirakan saat bertemu dengan Pacquiao di Las Vegas, 6 Desember 2008. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jejak De La Hoya

Saat itu, De La Hoya yang dikenal memiliki pukulan kombinasi mematikan kesulitan mengimbangi kelincahan dan kecepatan Pacquiao. Dia akhirnya menyerah dan tidak bersedia bangkit dari bangkunya di ronde ke-8. De La Hoya pun mengakhiri karier bertinjunya dengan rekor bertanding 30-6 (30KO). 

Oscar De La Hoya tidak benar-benar berpisah dari tinju. Selah pensiun dia masih aktif sebagai promotor pertandingan. Lewat Golden Boy Promotions, De La Hoya telah mengorbitkan nama besar seperti pemegang juara dunia 4 kelas berbeda Canelo Alvarez dan wonderkid Ryan Garcia.

 

3 dari 4 halaman

Turun 9 Kg

Kini, 12 tahun berlalu sejak kekalahan terakhirnya. De La Hoya ingin untuk kembali ke atas ring. Keinginan ini sudah disampaikannya beberapa bulan lalu dan dia serius mempersiapkan diri. 

"Saya benar-benar mempertimbangkan untuk kembali lagi. Saya sudah latihan. Serius, saya merasa luar biasa," kata pria yang semasa aktif bertinju ditjuluki sebagai The Golden Boy tersebut.  

"Mengingat saya selalu bertemu petinju-petinju hebat, kenapa tidak kembali lagi pada pertempat tahun depan. Omong-omong saya turun 20 poun (9kg). Saya akan melawan yang terbaik seperti biasanya."

 

4 dari 4 halaman

Ikuti Jejak Foreman

Kembali naik ring setelah pensiun memang bukan hal baru di dunia tinju profesional. Sejumlah petinju sebelumnya juga pernah melakukan hal yang sama. Sebut saja petinju kelas berat George Foreman yang memutuskan naik ring lagi pada tahun 1987 setelah menjauh dari ring tinju selama 10 tahun. 

De La Hoya juga ingin melakukan hal yang sama meski usianya sudah tidak muda lagi. Tahun depan saat keinginannya bernar-benar terkabul, Oscar De La Hoya sudah berusia 47 tahun. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.