Sukses

Messi dan Ronaldo Terlempar dari 3 Besar Pemain Terbaik Eropa 2019/20

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tidak mampu menembus tiga besar kandidat UEFA Player of The Year tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi memang sudah mengoleksi sederet gelar individu di lemarinya. Namun, fakta bahwa namanya tidak masuk dalam kandidat pemain terbaik Eropa tahun ini tetap saja mengejutkan. 

Seperti dilansir Marca, UEFA tengah memilih calon pemain terbaik Eropa tahun ini. Otoritas sepak bola Benua Biru itu menjaring suara dari 80 pelatih yang mewakili tim-tim yang berlaga sejak fase grup Liga Champions serta 55 wartawan olahraga dari asosiasi sepak bola yang tergabung di bawah UEFA. 

Dari pemilihan ini, Lionel Messi hanya mengantongi 53 suara. Pemain asal Argentina tersebut kalah 3 suara dari tiga finalis, yakni Kevin de Bruyne, Robert Lewandowski, dan Manuel Neuer. 

Rival abadi Messi, Cristiano Ronaldo yang saat ini memperkuat Juventus juga bernasib sama. Suara yang diperoleh pemain berjuluk CR7 itu bahkan lebih rendah dari Messi. Ronaldo harus puas berada di urutan ke-10 dengan koleksi 25 suara atau terpaut 28 suara dari pemain berjuluk La Pulga tersebut.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengumuman 1 Oktober 2020

Pemenang UEFA Player of The Year rencananya akan diumumkan pada 1 Oktober mendatang. Acara akan berlangsung di Nyon, Swiss, bersamaan dengan pengundian Liga Champions 2020/2021. 

 

3 dari 4 halaman

3 Finalis

Sementara itu, dua dari tiga finalis yang terpilih berasal dari klub yang menjuarai Liga Champions musim lalu, Bayern Munchen. Mereka adalah Robert Lewandowski dan penjaga gawang Manuel Neuer. 

Lewandowski seperti diketahui menjadi penyerang andalan Bayern dan telah mengoleksi 55 gol pada musim lalu. Peran pemain Polandia itu sangat besar saat mengantar Munchen merebut treble. Sementara di ajang Liga Champions, Lewandowski keluar sebagai top scorer dengan 15 gol. 

Neuer juga tidak kalah memukau. Penjaga gawang asal Jerman itu menjadi tembok kokoh Bayern Munchen musim lalu. Dia berhasil menjaga enam clean sheet di Liga Champions.

Di luar Lewandowski dan Neuer, juri juga memilih Kevin de Brunye. Meski timnya terhenti di babak perempat final Liga Champions musim lalu, sosok pemain asal Belanda itu dianggap layak sebagai finals melihat kiprahnya bersama The Citizens. Musim lalu, pemain asal Belanda itu merupakan pengumpan terbaik dengan torehan mencapai 20 assist dan 13 gol di ajang Liga Inggris.  

 

 

4 dari 4 halaman

Daftar Perolehan Suara Pemain Lainnya

4 Lionel Messi (Barcelona):  53 suara

Neymar (Paris Saint-Germain): 53 suara 

6 Thomas Müller (Bayern): 41 suara

7 Kylian Mbappé (Paris Saint-Germain):  39 suara

8 Thiago Alcántara (Bayern):  27 suara

9 Joshua Kimmich (Bayern): 26 suara

10 Cristiano Ronaldo (Juventus): 25 suara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.