Sukses

Barcelona Resmi Lepas Luis Suarez ke Atletico, Terungkap Transfernya Tidak Gratis

Liputan6.com, Jakarta Luis Suarez resmi meninggalkan Barcelona pada Rabu (23/9/2020). Dia gabung Atletico Madrid dengan air mata karena terpaksa meninggalkan klub yang sudah dibelanya selama enam musim ini.

Awalnya, Luis Suarez sempat ditahan Barcelona karena ogah melepasnya ke rival klub dengan gratis. Seperti dilansir Goal, Barcelona dan Atletico sepakat dengan transfer 6 juta euro atau Rp 103 Miliar untuk Suarez.

Suarez menjadi transfer yang menguntungkan bagi Atletico Madrid. Dia merupakan striker tertajam ketiga di sejarah Barcelona dengan 198 gol dari 283 kali penampilan.

Atletico Madrid melepas Alvaro Morata ke Juventus sebagai kompensasi kehadiran Suarez. Statistik Morata jelas tidak bisa dibandingkan dengan Suarez.

Luis Suarez awalnya lebih sering dikaitkan dengan Juventus. Namun kepindahannya terhambat karena lamanya proses pembuatan paspor Italia.

 

2 dari 5 halaman

Pernyataan Resmi

Luis Suarez meraih 13 trofi dengan Barcelona. Di Katalunya, rekor golnya hanya kalah oleh Cesar dan Lionel Messi.

"Barcelona dan Atletico Madrid sudah mencapai kesepakatan untuk Luis Suarez. Klub Madrid akan membayar Barcelona dalam beberapa variabel," bunyi pernyataan klub.

"Barcelona ingin mencapai terimakasih kepada Luis Suarez untuk komitmen dan dedikasinya. Kami berharap dia sukses di masa depan."

 

3 dari 5 halaman

Prestasi Suarez

 

Suarez meraih empat gelar La Liga dan Piala Raja. Dia juga sekali meraih Liga Champions dan dua kali Piala Super Spanyol bersama Barcelona.

Selain itu, dia juga meraih satu kali Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub.

4 dari 5 halaman

Jejaki David Villa

David Villa memutuskan meninggalkan Barcelona pada 2013 setelah tiga musim bermain di Camp Nou. Dia memiliki karier yang sukses saat bermain bersama Lionel Messi dan Pedro.

Saat itu, Villa yakin sudah waktunya pergi dan membuat keputusan bermain untuk Atletico Madrid. Dia bergabung hampir hampir tanpa biaya transfer.

Kepergian Villa dipicu dewan direksi Barcelona yang tak menghargainya, dan mereka harus membayar mahal. Sebab di musim berikutnya, Villa menyingkirkan Barcelona di Liga Champions dan meraih gelar juara Liga Spanyol bersama Atletico.

Inilah yang sebenarnya coba dihindari Presiden Barcelona Josep Mario Bartomeu dengan memblokade transfer Luis Suarez ke Atletico.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Luis Suarez di Bawah Ini