Sukses

Terjatuh pada MotoGP Emilia Romagna, Valentino Rossi Malu

Liputan6.com, Jakarta Upaya Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, meraih podium di Sirkuit Misano kembali buyar. Setelah tercecer di urutan keempat pada seri MotoGP sebelumnya, pembalap yang dijuluki The Doctor itu malah gagal finis pada seri Emilia Romagna yang juga berlangsung di sirkuit yang sama, Minggu (20/9/2020).

Rossi harus puas berada di urutan keempat pada MotoGP San Marino, dua pekan lalu. Rossi gagal meraih podium setelah di lap-lap terakhir berhasil dilewati oleh Joan Mir.

Rossi berharap hasil yang lebih baik saat kembali tampil di sirkuit Misano pada seri Emilia Romagna. Sayang, sepeda motor The Doctor justru tergelincir pada lap kedua saat berusaha melewati tikungan lambat 4.

"Memalukan sekali, saya melakukan kesalahan di lap kedua," kata Rossi seperti dilansir dari Crash.net.

"Ada sedikit kebingungan pada saat itu karena semua pembalap sangat dekat. Sayang sekali, saya kehilangan cengkraman depan pada tikungan keempat. Sangat disayangkan karena kami kehilangan sejumlah poin," kata Rossi.

 

2 dari 5 halaman

Mencari Ritme

Rossi berusaha bangkit dan melanjutkan lomba. Namun perjuangannya terhenti pada lap ke-16.

"Setelah kesalahan itu, saya berusaha melanjutkannya. Saya melewati beberapa lap dan berusaha menyesuaikan ritme sebab kami melakukan sedikit perubahan settingan motor akhir pekan ini," kata Rossi.

"Cengkeraman belakang dalama askelerasi bukanlah kekuatan kami. Jadi kami mencoba beberapa hal yang berbeda dan kemarin sepertinya saya tidak terlalu buruk, tapi hari ini saya merasa kesulitan mulai pagi ini. Terutama soal sliding dan penurunan di belakang," kata Rossi menjelaskan.

"Sayang, balapanku hanya satu setengah lap sehingga saya tidak tahu potensiku. Hanya saja, pekan lalu saya merasa sangat kompetitif. Memalukan, tapi mau bagaimana lagi," katanya. "Sisi baiknya, kami punya balapan lain di Barcelona pekan depan. Itu trek yang bagus dan saya sangat menyukainya. Aspal dan cengkraman ban sangat berbeda di sana, kami akan kompetitif lagi," beber Rossi.

 

3 dari 5 halaman

Perjalanan Masih Panjang

Ini merupakan kali kedua Rossi gagal finis pada MotoGP musim ini. Sebelumnya dia mengalami hal yang sama saat bermasalah dengan mesin motornya di seri Jerez.

Rossi kini berada di urutan kesembilan dan terpaut 26 poin dari pemuncak klasemen sementara Andrea Dovizioso. "Kejuaraan ini masih panjang, apapun masih bisa terjadi."

"Hari ini saya kehilangan poin tapi itu tidak berpengaruh banyak. Maksud saya ada banyak pembalap dengan selisih poin yang tipis dan kejuaran ini masih sangat terbuka, sangat panjang. Apapun bisa terjadi," kata Rossi.

4 dari 5 halaman

Hasil Balapan MotoGP Emilia Romagna

1. Maverick Vinales

2. Joan Mir

3. Pol Espargaro

4. Fabio Quartararo

5. Miguel Oliveira

6. Takaaki Nakagami

7. Alex Marquez

8. Andrea Dovizioso

9. Franco Morbidelli

10. Danilo Petrucci

11. Johann Zarco

12. Alex Rins

13. Bradley Smith

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini