Sukses

Jadi Pelatih Barcelona, Koeman Putus Tradisi Formasi 4-3-3

Barcelona sendiri sudah sekian lama identik dengan formasi 4-3-3. Formasi menyerang itu sudah menjadi pilihan pelatih Barcelona sejak era Frank Rijkaard pada awal 2000an.

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman mengakui formasi 4-2-3-1 akan digunakan untuk mengarungi musim 2020/21. Itu dikatakan Koeman usai Barcelona menang 3-1 atas Gimnastic de Taragona dalam laga persahabatan.

"Mungkin agak sedikit lebih bertahan daripada yang biasa telah dilihat beberapa musim terakhir. Tetapi tujuannya adalah untuk menggerakan bola, menguasainya, dan menciptakan ruang di antara lini lawan," kata Koeman seperti dilansir Sportskeeda.

Pemilihan formasi itu dinilai Koeman bukan tanpa alasan. Menurut pelatih asal Belanda tersebut, Barcelona punya gelandang yang bisa menghidupkan formasi tersebut.

Barcelona sendiri sudah sekian lama identik dengan formasi 4-3-3. Formasi menyerang itu sudah menjadi pilihan pelatih Barcelona sejak era Frank Rijkaard pada awal 2000an.

"Saya kira tim ini punya kemampuan bermain demikian karena kami punya para gelandang yang sanggup bermain seperti itu (4-2-3-1, red)" ujar Koeman.

Gol-gol Barcelona pada pertandigan melawan Gimnasia dicetak Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, dan Philippe Coutinho. Tak lupa, Koeman juga memainkan Lionel Messi yang baru bergabung latihan beberapa hari.

 

 

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dua Fokus

Lebih lanjut, Koeman mengatakan saat ini ada dua hal yang menjadi fokusnya. Hal tersebut lantaran waktu singkat yang dimiliki Barcelona untuk menghadapi Liga Spanyol musim 2020/21.

"Bagi pemain, penting untuk bermain sekarang karena ini bukan sesi pra-musim yang normal. Kami hanya punya empat pekan, bukan enam dan itu sangat sulit," kata Koeman.

"Yang ingin kami lakukan adalah fokus kepada kebugaran kami. Kemudian, dalam waktu dua pekan fokus kepada aspek taktik," ujarnya mengakhiri.

3 dari 4 halaman

Lima Laga Awal Barcelona di Liga Spanyol

27 September 2020

Barcelona vs Villarreal

30 September 2020

Celta Vigo vs Barcelona

4 Oktober 2020

Barcelona vs Sevilla

18 Oktober 2020

Getafe vs Barcelona

25 Oktober 2020

Barcelona vs Real Madrid

4 dari 4 halaman

Jadwal Liga Spanyol Hari Ini

Minggu 13 September 2020

19.00 WIB, Deportivo Alaves vs Real Betis

21.00 WIB, Real Valladolid vs Real Sociedad

23.00 WIB, Villarreal vs Huesca

02.00 WIB, Valencia vs Levante

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.