Sukses

5 Fakta Menarik Ronald Koeman di Barcelona, Cinta Lama Bersemi Kembali

Barcelona baru saja mengumumkan Ronald Koeman sebagai pelatih anyar klub.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona resmi menunjuk Ronald Koeman menjadi pelatih baru. Barcelona memberi Koeman kontrak dua tahun hingga 2022.

Koeman meninggalkan posisinya sebagai pelatih Timnas Belanda demi mengambil pekerjaan ini. Dia akan mengisi kekosongan pelatih yang ditinggalkan Quique Setien.

"Barcelona dan Ronald Koeman sudah mencapai kesepakatan untuk mengambil alih tim utama hingga 30 Juni 2022," bunyi pernyataan resmi klub.

"Dia legenda Barcelona, pahlawan di Wembley, orang yang memberi kami gelar juara Liga Champions kembali ke Camp Nou."

Sebelum mengambil keputusan ini, Barcelona dikabarkan juga membidik Mauricio Pochettino dan Xavi Hernandez. Namun, Koeman dianggap paling pas.

Berikut beberapa fakta menarik mengenai Koeman:

 

Saksikan Video Barcelona dan Ronald Koeman Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Belanda Kelima

Koeman menjadi pelatih Belanda asal kelima yang menangani Barcelona. Dia mengikuti jejak Rinus Michels, Johan Cruyff, Louis van Gaal, dan Frank Rijkaard.

Setiap sosok tersebut setidaknya mempersembahkan satu gelar bagi Barcelona.

3 dari 6 halaman

Hanya Kalah dari Maradona

Sebagai pemain, Koeman bergabung dengan Barcelona pada 1989. Dia bergabung setelah membela FC Groningen, Ajax Amsterdam, dan PSV Eindhoven.

Jika dikonversi dengan mata uang sekarang, nilai transfernya mencapai tiga juta euro. Saat itu dia menjadi pembelian termahal kedua sepanjang sejarah klub, hanya kalah dari Diego Maradona.

4 dari 6 halaman

Spesialis Tendangan Bebas

Koeman dikenal sebagai salah satu bek produktif. Namun, metodenya mencetak gol bukan dengan menanduk bola dalam situasi bola mati.

Dia merupakan spesialis bola mati. Membuat 88 gol, mayoritas datang melalui tendangan bebas. Salah satunya adalah gol penentu kemenangan atas Sampdoria pada final Piala Champions 1992.

5 dari 6 halaman

Kolektor Trofi

Koeman meraih 10 trofi sebagai pemain Barcelona. Rinciannya adalah empat gelar La Liga, Piala Champions (cikal Liga Champions), dan Copa del Rey.

Dia juga memenangkan Piala Super Eropa dan tiga edisi Piala Super Spanyol.

 

6 dari 6 halaman

Kembali Jadi Asisten

Setelah pensiun pada 1998, dia kembali ke Barcelona sebagai asisten pelatih bagi Van Gaal. Namun, dia hanya bertahan sebentar.

Vitesse Arnhem menawarinya pekerjaan sebagai pelatih utama setahun berselang dan Koeman memulai karier barunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.