Sukses

Arsenal Juara Piala FA, Aubameyang Sejajar dengan Dua Legenda MU

Liputan6.com, London- Arsenal berhasil keluar sebagai juara Piala FA 2019-2020. Meriam London menang tipis 2-1 ketika menghadapi rival sekota Chelsea di babak final pada Sabtu (1/8/2020) malam WIB.

Bertanding di Stadion Wembley, Arsenal mengawali laga dengan buruk. Mereka tertinggal lebih dahulu pada menit kelima lewat aksi winger Christian Pulusic.

Arsenal baru bisa menyamakan skor di menit 28 berkat eksekusi penalti Pierre Emerick Aubameyang. Gol kemenangan The Gunners hadir di menit 67, kembali melalui aksi dari Aubameyang.

Dengan dua gol di final, Aubameyang mengikuti jejak legenda Arsenal Reg Lewis. Cuma ada dua pemain Arsenal yang bisa membuat lebih dari satu gol di final Piala FA. Lewis melakukannya tahun 1950.

Menurut catatan Opta, Aubameyang juga tercatat sebagai pemain kelima yang berhasil membuat dua gol dalam satu pertandingan di Wembley lebih dari satu kali.

Pemuda Gabon itu mengikuti beberapa pesepakbola legendaris yang juga mampu melakukannya seperti Ian Wright, Ian Rush serta dua pemain Manchester United (MU), Bryan Robson dan Eric Cantona.

 

 

2 dari 4 halaman

Jauh Lampaui MU

Keberhasilan ini mempertajam rekor Arsennal sebagai raja Piala FA. Klub yang bermarkas di Emirates Stadium itu sudah 14 kali juara. Mereka unggul dua gelar dibanding Manchester United.

Manajer Arsenal Mikel Arteta juga sukses mengukir rekor dengan merebut trofi Piala FA. Arteta merupakan orang pertama yang bisa menjuarai Piala FA sebagai pemain dan manajr Arsenal.

3 dari 4 halaman

Arteta

Tak hanya itu, Arteta juga mengikuti jejak mantan pelatih Chelsea Ruud Gullit sebagai manajer yang langsung juara Piala FA pada musim pertamanya sebagai pelatih kepala.

Gullit pernah melakukan hal serupa bersama Chelsea di musim 1996-1997.

Arteta menjuarai Piala FA sebagai manajer di usia 38 tahun. Pria Spanyol itu hanya kalah dari Gianluca Vialli sebagai manajer termuda yang bisa juara. Vialli merebut Piala FA di usia 35 tahun bersama Chelsea di musim 1999-2000.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: