Sukses

Turnamen Esports Basket 3x3 Digelar di Indonesia, Young Lex Ikutan

Liputan6.com, Jakarta - Guna mengisi kekosongan karena belum bisanya kompetisi bola basket digelar, Perbasi bersama 3x3 EXE Premier Indonesia menggelar turnamen esports. Uniknya kompetisi esports ini merupakan pertandingan game basket 3 melawan tiga. 

Bekerjasama dengan IESPA, 3x3 EXE E-Games Indonesia menyediakan total hadiah Rp 15 juta. Ajang ini berlangsung mulai 27-28 Juni 2020. Para peserta akan bertanding dari rumahnya masing-masing. 

3x3 EXE E-Games Indonesia mempertandingkan kompetisi esports dengan menggunakan game NBA 2K20 di console PlayStation 4. Ini merupakan kali pertama diadakannya turnamen online NBA 2K20 3x3 di Indonesia. 

"Ide membuat turnamen ini muncul sejak diberlakukan Pembatasanan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selama PSBB kita kan kaga ada kegiatan apa-apa di rumah aja. Kebetulan anak saya suka main game terus saya kepikir kenapa tidak bikin 3x3 online," ujar CEO 3x3 EXE Premier Esports, Rama Datau. 

Perbasi pun sangat mendukung turnamen 3x3 online ini. Pasalnya esports bola basket sekarang sudah menjadi agenda Asosiasi Bola Basket Dunia (FIBA). 

"Kami sangat mendukung turnamen esports 3x3 ini. Ajang ini bisa mengobati kerinduan pecinta basket karena sampai saat ini kompetisi resmi masih belum bisa bergulir. Esports ini bagus karena tak perlu bersentuhan. Bisa dimainkan dari rumah," ujar Sekjen Perbasi Nirmala Dewi. 

2 dari 3 halaman

64 Tim

Total ada 64 tim yang bertanding di 3x3 EXE E-Games Indonesia. Masing-masing tim berisi tiga pemain. Mereka akan bertanding dengan mode MyCarreer di NBA 2K20. 

Dengan demikian para pemain akan bertanding dengan mengendalikan karakternya sendiri, bukan memilih pemain-pemain superstar NBA. 

"Kita ingin turnamen yang mendekati seperti 3x3 beneran. Dengan mode MyCarreer, para peserta musti latihan, harus kerjasama dan komunikasi. Seperti halnya saat bertanding basket 3x3 sungguhan," lanjut Rama Datau.

3 dari 3 halaman

Young Lex

Menariknya salah satu peserta 3x3 EXE E-Games Indonesia adalah selebriti Young Lex. Rupanya Young Lex sudah keranjingan bermain NBA 2K20 sejak beberapa bulan terakhir. 

"Gw tahu game NBA 2K udah lama, tapi baru aktif banget main NBA 2K20 secara online ini sejak PSBB kemarin itu. Gw pernah main ini game selama 38 jam nonstop kaga tidur-tidur. Ini turnamen NBA 2K20 kedua gw," tutur Young Lex.