Sukses

Pemain Muda Indonesia Gabung Klub Divisi 2 Prancis

Liputan6.com, Jakarta- Pemain basket berbakat Indonesia Julian Alexandre selangkah lagi memenuhi ambisinya menjadi pebasket profesional. Julian baru saja lolos seleksi tim basket divisi dua Prancis, Croix d’Argent Basket Montpellier.

"Croix d’Argent Basket Montpellier ini tim Divisi 2 di Prancis. Awalnya yang nawarin aku tim Divisi 1, namanya Clermont Basket. Sayang karena ada pandemi timnya lagi tutup sementara," ujar Julian.

Julian Alexandre merupakan salah satu pebasket jebolan Honda DBL. Dia pernah terpilih sebagai DBL Indonesia All-Star 2019 dan sempat menimba ilmu di Mamba Sports Academy milik mendiang Kobe Bryant di Los Angeles, Amerika Serikat.

Siswa SMA Soverdi Tuban memulai proses bergabung dengan klub basket Prancis sejak Desember 2019. Saat berkunjung ke Prancis, Julian dites oleh tim basket tersebut. Beberapa tes fisik dan fundamental menjadi salah satu proses ujian yang ia lewati.

Setelah terpilih dan tanda tangan kontrak, pemuda bertinggi 195 cm itu akhirnya dimasukkan ke dalam kategori U-20 bersama para siswa asli Prancis lainnya.

 

2 dari 3 halaman

U-20

"Awalnya aku minta U-18. Tapi kata pelatihnya better gabung sama U-20, melihat kemampuan dan skill yang aku punya," lanjut pemain berusia 17 tahun itu seperti dikutip dari situs resmi DBL.

Julian juga mendapatkan fasilitas dan hak penuh sebagai siswa selama tinggal di sana. Salah satunya adalah mendapatkan apartemen untuk tinggal.

3 dari 3 halaman

Sekolah

Sedangkan untuk sekolah, pemuda kelahiran Badung, Bali itu diberikan beberawa tawaran sekolah terbaik yang ada di Prancis. Mulai sekolah yang punya akademik yang bagus, hingga sekolah atlet.

"Kemarin akhirnya pilih Lycée Françoise Combe cuma masih dalam proses pendaftaran, belum ada dikasih jawaban kata timku," imbuh Julian.