Sukses

Jose Rojas dan Petinju Korea Jadi Musuh Teraneh yang Pernah Dihadapi Chris John

Liputan6.com, Jakarta - Chris John merupakan petinju terbaik yang pernah dimiliki Indonesia dan tercatat di buku sejarah World Boxing Association (WBA). Dia mempertahankan gelar juara kelas bulu WBA sebanyak 18 kali dari 16 lawan yang dihadapinya.

Dari banyaknya lawan yang pernah dihadapi, Chris John menyebut Jose Cheo Rojas sebagai musuh teraneh. Mereka berduel pada 3 Desember 2004 di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Pertandingan ini harus dihentikan pada ronde keempat lantaran Jose Rojas dengan sengaja menanduk kepala Chris John. Pertarungan itu dihentikan oleh wasit dan dinyatakan hasilnya seri atau technical draw dan Chris John tetap juara.

"Waktu itu bertanding melawan Jose Rojas di Kalimantan. Kondisi saat itu saya mungkin sudah menang, tapi dia membenturkan kepalanya ke saya. Itu membuat pelipis saya robek besar," kata Chris John dalam acara Inspirato The Legends pada Kamis (11/6/2020).

Duel melawan Jose Rojas pun harus diulang. Partai kedua mereka terjadi pada 3 Maret 2007. The Dragon, julukan Chris John, berhasil menang angka mutlak atas Rojas di Istora Senayan, Jakarta.

"Akhirnya diulang lagi dan saya menang," ucap Chris John, yang menang 118-108, 117-107, 116-106 atas Jose Rojas di pertarungan keduanya.

 

2 dari 3 halaman

Melawan Siluman

Pria yang kini berusia 40 tahun tersebut juga mengingat pertarungannya melawan petinju asal Korea Selatan, Park Dae-kyung  Chris John malah menyebut Park sebagai petinju siluman. Pertarungan itu terjadi di Studio Indosiar, Jakarta, 3 Juli 2003, dalam kejuaraan PABA.

"Satu lagi waktu pertandingan saya disiarkan di Indosiar, lawannya petinju Korea. Ketika itu, siku dia itu kena di pelipis saya, sobeknya besar."

"Namun, saya heran wasit tidak melihatnya. Saya sempat kalut dan memukul dia jatuh. Jadi petinju Korea itu bisa curang dengan melancarkan serangan yang tidak terlihat," ujar petinju kelahiran Banjarnegara tersebut.

3 dari 3 halaman

Profil Chris John

Nama Lengkap: Yohannes Christian John

Nama Panggilan: The Dragon

Tempat dan Tanggal Lahir: Banjarnegara, 14 September 1979

Total Pertarungan: 52

Menang: 48

Menang dengan KO: 22

Imbang: 3

Kalah: 1

Gelar: Juara Kelas Bulu WBA pada 26 September 2003