Sukses

Chris John Antusias Menantikan Trilogi Mike Tyson vs Evander Holyfield

Liputan6.com, Jakarta Legenda tinju Indonesia, Chris John, antusias menyambut kembalinya dua mantan juara dunia tinju kelas berat Mike Tyson dan Evande Holyfield. Keduanya sama-sama ingin naik ring lagi demi amal.  

Sejauh ini, belum diketahui apakah Mike Tyson dan Holyfield bakal bertarung lagi. Hanya saja, publik tinju dunia berharap hal itu terwujud untuk menuntaskan rasa penasaran di dua laga sebelumnya.

"Menarik lah dan pasti banyak yang menunggu," kata Chris John kepada Liputan6.com, Selasa (9/6/2020). "Walaupun tidak akan lewat empat ronde, tapi pasti akan menghibur," ujarnya. 

Mike Tyson dan Holyfield beberapa waktu belakangan ini memang cukup membuat penasaran publik tinju dunia setelah melontarkan keinginannya untuk kembali naik ring di usia yang sudah kepala 5. 

Tyson yang kini berumur 53 tahun mengaku akan tampil dalam sebuah partai amal 4 ronde. Dia bahkan sudah berlatih secara rutin untuk menghadapi pertandingan itu. Dalam beberapa rekaman video yang dibagikannya lewat media sosial, Tyson masih menunjukkan sisa-sisa ketangguhannya. 

Di waktu yang bersamaan, Holyfield juga melontarkan rencana yang sama. Pria berusia 57 tahun itu juga mengaku tengah mempersiapkan diri untuk kembali ke ring tinju untuk tujuan amal. 

Sejauh ini, Tyson dan Holyfield masih merahasiakan calon lawannya. Meski demikian, Holyfield mengaku bersedia untuk berhadapan lagi dengan Tyson bila Si Leher Beton memintanya. 

"Sebenarnya dalam tinju tidak ada yang personal. Semuanya tergantung bayaran," kata Chris John lebih jauh mengenai potensi pertarungan jilid II Mike Tyson melawan Evander Holyfield. 

"Mereka pasti akan cek dokter dulu untuk mengetahui kesiapannya. Jadi kita tunggu saja," ujar Chris John saat ditanya mengenai resiko bertanding di usia yang terbilang sudah tidak muda lagi. 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Kilas Balik Tyson vs Holyfield

Tyson dan Holyfield sebelumnya sudah dua kali bertemu di atas ring. Pada pertandingan pertama, Tyson kalah TKO, sementara saat rematch dia didiskualifikasi usai menggigit telinga Holyfield. 

Lalu apa sebenarnya yang membuat partai mereka masih ditunggu-tunggu? 

Seperti dilansir dari BBC, Holyfield harus kehilangan sebagian telinganya dalam duel melawan Tyson. Sementara aura tanpa rasa takut yang lekat dengan Si Leher Beton juga luntur akibat laga itu. Untuk mengetahui selengkapnya kilas balik Tyson vs Holyfield silahkan klik di sini.  

 

3 dari 3 halaman

Siapa Chris John?

Chris John merupakan satu dari sederet petinju Indonesia yang pernah menyandang gelar juara dunia. Mantan atlet wushu ini, pertama kali merebut sabut juara kelas bulu versi WBA usai mengalahkan petinju Kolombia, Oscar Leon dalam pertarungan yang berlangsung di Bali, 26 September 2003. 

Selanjutnya dia berhasil mempertahankan gelarnya saat bertemu petinju Jepang Osamo Sato, pada 4 Juni 2004. Chris John juga menang saat bertemu Juan Manuel Marquez di Tenggarong, 4/3/2006. 

Chris John kemudian diberi gelar Super Champions usai berhasil mempertahankan gelar ini sebanyak 10 kali beruntun. Dia menjadi pertinju Indonesia pertama yang berhasil menyandang gelar tersebut. 

Chris John memutuskan pensiun setelah menyerah dari petinju Thailand, Simpiwe Vetyeka, pada pertarungan unifikasi yang berlangsung di Australia, pada 6 Desember 2013.