Sukses

Selama Pandemi Corona, Chris John Fokus Latihan Lagi

Chris John rutin melakukan jogging dan memukul sansak yang ada di rumahnya, mau bertanding lagi Champ?

Liputan6.com, Jakarta - Legenda hidup tinju Indonesia, Chris John, tengah fokus menurunkan berat badannya. Pandemi virus Corona Covid-19 secara tidak langsung membantu The Dragon dalam mewujudkan rencana tersebut. 

Seperti halnya masyarakat Indonesia lainnya, pandemi virus Corona Covid-19 telah membatasi kegiatan mantan juara dunia tinju kelas bulu, Chris John. Legenda hidup tinju Indonesia itu belakangan ini juga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama istri tercinta dan kedua anaknya.

Sebelum pandemi, Chris John yang pernah menyandang gelar Super Champions usai mempertahankan gelar juara dunia sebanyak 10 kali berturut-turut, punya kegiatan yang padat. Selain sebagai promotor tinju, Chris John seperti diketahui juga menjabat sebagai salah satu wakil ketua umum KONI Pusat.

Tugasnya berkaitan dengan hubungan luar negeri dan hubungan dengan masyarakat. Posisi ini membuatnya tidak jarang harus terbang ke Jakarta untuk menghadiri rapat dan berbagai agenda. 

Selain itu, Chris John juga membina yayasan Olahraga yang fokus pada pembinaan tinju usia dini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembali Latihan

Namun sejak pandemi virus Corona Covid-19 menghampiri Indonesia, Chris John lebih banyak di rumah di Semarang. "Terkadang masih rapat juga dengan KONI Pusat, tapi kita lakukan lewat virtual atau jarak jauh. Sesekali juga sempat menyapa atlet lewat zoom," kata Chris John saat berbincang mengenai kegiatannya selama pandemi kepada Liputan6.com, Selasa malam (9/6/2020). 

Selain menjalankan tugas rutin, Chris John menggunakan waktunya untuk kembali berlatih. Dia mengaku rutin jogging untuk menjaga kebugaran sekaligus menurunkan berat badannya. 

"Karena saat ini belum terlalu banyak kegiatan, jadi bisa lebih fokus latihan lagi untuk mengembalikan berat badan saya. Olahraga sendiri, jogging, dan sanksak juga masih ada untuk dipukul," katanya. 

Semasa aktif sebagai petinju, Chris John tampil di kelas bulu 57,1 kg. Namun sehari setelah timbang badan, bobotnya bisa mencapai 60 kg. Sedangkan saat ini, berat badannya sudah mencapai 75 kg. 

"Saya mau six pack lagi," kata Chris John sembari tertawa. 

 

3 dari 3 halaman

Sepak Terjang Chris John

Chris John merupakan satu dari sederet petinju Indonesia yang pernah menyandang gelar juara dunia. Mantan atlet wushu ini, pertama kali merebut sabut juara kelas bulu versi WBA usai mengalahkan petinju Kolombia, Oscar Leon dalam pertarungan yang berlangsung di Bali, 26 September 2003. 

Selanjutnya dia berhasil mempertahankan gelarnya saat bertemu petinju Jepang Osamo Sato, pada 4 Juni 2004. Chris John juga menang saat bertemu Juan Manuel Marquez di Tenggarong, 4/3/2006. 

Chris John kemudian diberi gelar Super Champions usai berhasil mempertahankan gelar ini sebanyak 10 kali beruntun. Dia menjadi pertinju Indonesia pertama yang berhasil menyandang gelar tersebut. 

Chris John memutuskan pensiun setelah menyerah dari petinju Thailand, Simpiwe Vetyeka, pada pertarungan unifikasi yang berlangsung di Australia, pada 6 Desember 2013.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini