Sukses

Protokol Kesehatan Liga Inggris yang Wajib Dipatuhi Saat Pandemi Corona

FA dan promotor Liga Inggris sudah melakukan beberapa cara untuk penanggulangan virus corona covid-19.

Liputan6.com, London - Liga Inggris kembali bergulir pada 17 Juni 2020. Kompetisi sepak bola di Negeri Ratu Elizabeth itu sudah terhenti sejak tiga bulan lalu akibat pandemi virus corona covid-19.

Terdapat dua pertandingan Liga Inggris pada 17 Juni yakni Aston Villa vs Sheffield United dan Manchester City vs Arsenal sebagai penanda kembalinya kompetisi musim 2019-2020. Selanjutnya, putaran pertandingan penuh akan digelar pada akhir pekan 19-21 Juni 2020.

Namun sebelum itu, FA dan promotor Liga Inggris sudah melakukan beberapa cara untuk penanggulangan virus corona covid-19. Sebab, Inggris hingga 10 Juni 2020 sudah memiliki 150 ribu kasus virus corona.

Langkah penting yang mereka lakukan untuk mencegah virus corona di Liga Inggris adalah tes covid-19 hingga melakukannya sebanyak enam kali. Tes covid-19 terakhir kali dilakukan pada Kamis (4/6/2020)dan Jumat (5/6/2020).

Pada gelombang keenam tidak ada dari sekuat tim-tim Liga Inggris yang positif Covid-19. Ini menjadi progres berarti sebelum dilanjutkannya Liga Inggris musim ini.

Situs resmi Liga Inggris pada Sabtu (6/6/2020), mengungkapkan bahwa mereka melakukan tes Covid-19 kepada 1.195 pemain dan staf klub peserta pada gelombang keenam kali ini.

Dengan demikian, jumlah temuan kasus positif dari seluruh rangkaian tes Covid-19 Liga Inggris yang sudah dilakukan tidak bertambah dari 11 orang.

Secara keseluruhan, sebanyak 6.274 pemain dan staf klub-klub Liga Inggris sudah menjalani tes Covid-19 dalam enam gelombang yang sudah dilakukan sejauh ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tanpa Penonton

Untuk membuat orang berkerumun dan menjaga diri dari virus corona, Liga Inggris memutuskan untuk menggelar kompetisi tanpa penonton di stadion. Bahkan, kondisi seperti ini bisa terjadi selama setahun karena vaksi virus corona covid-19 belum ditemukan.

"Saya cukup beruntun bisa duduk bersama di kelompok DCMS (Asosiasi kesehatan Inggris) dan mendapat masukan medis yang sangat bagus dari Departemen kesehatan Inggris," ujar penasehat medis Premier League, Dr Mark Gillett, seperti dikutip Sky Sports.

"Mereka sudah menjelaskan secara jelas, kondisi kesehatan publik seperti sekarang tidak akan berubah dalam waktu 6-12 bulan ke depan," katanya menambahkan.

"Terlepas dari waktu pembicaraan kita saat ini atau tahun depan, kita akan melihat adanya banyak perubahan kebiasaan di markas tim dan juga kebiasaan pesepak bola. Penting agar orang-orang memahami itu," ujar Gillett menegaskan.

 

3 dari 6 halaman

Pergantian Lima Pemain

Nantinya, saat kompetisi sudah bergulir lagi, setiap klub boleh melakukan lima pergantian pemain dan tambahan pemain di kursi cadangan menjadi sembilan. Kesepakatan ini diumumkan melalui situs resmi Liga Inggris. Para pemilik klub telah membuat keputusan dalam rapat pemegang saham.

"Pemegang saham Liga Inggris telah menyetujui perubahan sementara pada peraturan yang berkaitan dengan pemain pengganti. Untuk sisa musim 2019/20, jumlah pergantian pemain maksimal selama pertandingan akan ditambah dari tiga menjadi lima pemain," tulis pernyataan Liga Inggris di situs resminya.

Seperti diketahui, dalam peraturan internasional disebutkan, setiap tim yang bertanding hanya dapat melakukan pergantian tiga pemain. Liga Inggris sendiri mempunyai alasan atas perubahan aturan ini hanya berlaku sementara dan dilakukan untuk mengurangi padatnya jadwal yang harus dilalui tiap klub setelah tiga bulan tidak bermain akibat pandemi covid-19.

 

4 dari 6 halaman

Aturan Penting Lainnya

Selama pandemi virus corona covid-19, ada banyak protokol kesehatan yang wajib dipatuhi pemain Liga Inggris. Menurut laporan Telegraph, pemain dilarang meludah di lapangan, bertukar kostum, dan berbagi botol minuman.

Peraturan itu berlaku saat sedang pertandingan atau berada di tempat latihan.

Semua pemain juga diwajibkan untuk memakai kendaraan pribadi dan menghindari pemakaian kendaraan umum saat menuju ke stadion atau tempat latihan. Tekel dan kontak fisik juga dilarang untuk dilakukan sementara waktu.

Para staf medis yang ada di klub juga diwajibkan memakai Alat Pelindung Diri (APD) ketika mereka melakukan perawatan kepada para pemain sepak bola.

Pemain dan staf pelatih yang berada di bench harus menjaga jarak sejauh satu meter. Selain itu, mereka juga harus menggunakan masker.

Peraturan tersebut rencananya bakal diterapkan nantinya setelah Liga Inggris resmi digulirkan kembali. Saat ini Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA) dan pemerintah Inggris sedang terus melakukan diskusi terkait peraturan itu.

5 dari 6 halaman

Klasemen Liga Inggris

 
6 dari 6 halaman

Jadwal Liga Inggris Pekan Depan

Kamis (18/6/2020)

00.00 WIB Aston Villa v Sheffield United

02:15 WIB Man City v Arsenal

Sabtu (20/6/2020)

00.00 WIB Norwich City v Southampton

02:15 WIB Tottenham Hotspur v Manchester United

18:30 WIB Watford v Leicester City

21:00 WIB Brighton & Hove Albion v Arsenal

23:30 WIB West Ham v Wolves

Minggu (21/6/2020)

01:45 WIB AFC Bournemouth v Crystal Palace

20:00 WIB Newcastle United v Sheffield United

22:15 WIB Aston Villa v Chelsea

23:00 WIB Everton v Liverpool

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.