Sukses

Deretan 7 Pelatih Sepak Bola yang Doyan Merokok, Siapa Saja?

Jakarta Sejumlah pelatih sepak bola diketahui jauh dari kebiasaan hidup sehat seperti merokok. Itu dilakukan diantaranya oleh pelatih Juventus, Maurizio Sarri dan Diego Maradona.

Padahal, kebiasaan ini bisa mengganggu kesehatan, apalagi dunianya lekat dengan kegiatan fisik. Jelas saja, pemandangan seseorang yang merokok jarang terjadi dalam dunia sepak bola. Bagaimanapun juga, sepak bola merupakan aktivitas olahraga yang memiliki tuntutan fisik tinggi.

Memang, pelatih tidak mengandalkan fisik saat bekerja melainkan otak. Namun tetap saja, keberadaan rokok di dunia sepak bola dirasa tabu oleh beberapa orang.

Tapi perlu diketahui bahwa Sarri bukanlah satu-satunya sosok dalam dunia sepak bola yang memiliki kebiasaan merokok. 6 nama di bawah ini juga punya kebiasaan serupa.

Maurizio Sarri merupakan pelatih yang sulit lepas dari merokok. Ia diketahui sulit lepas dari kebiasaan itu. Selain pelatih Juventus tersebut, masih ada enam pelatih lain yang juga doyan merokok.

 

2 dari 8 halaman

Slaven Bilic

Memakai setelan pakaian ala mafia, aktivitas merokok yang berantai dari pinggir lapangan, serta dikenal sebagai anggota band thrash metal. Sosok keren itu bernama Slaven Bilic.

Sekarang Bilic sedang berstatus sebagai pelatih salah satu klub Premier League bernama West Bromwich Albion. Dulu, saat masih menukangi Besiktas, ia pernah mendapat teguran dari federasi sepak bola Turki karena kedapatan merokok di dalam stadion. Padahal tidak ada aturan yang melarangnya untuk melakukan itu.

 

3 dari 8 halaman

Marcello Lippi

Pelatih legendaris Italia ini dikenal sudah menghembuskan asap rokok sejak remaja. Dan kebiasaan itu tetap ia lakukan saat sedang mendampingi tim asuhannya bertanding dalam satu laga.

Lippi pernah terlihat merokok di stadion. Tepatnya sewaktu Timnas Italia berhasil memenangkan laga final Piala Dunia 2006 kontra Prancis. Saat itu, Gli Azzurri menang melalui drama adu penalti.

 

4 dari 8 halaman

Carlo Ancelotti

Ancelotti diketahui mulai merokok saat berusia 25 tahun. Itu artinya, ia masih aktif sebagai seorang pemain profesional. Namun Ancelotti terbilang jarang memperlihatkan aktivitas merokoknya di stadion.

Ia pernah mendapatkan peringatan soal kebiasaan merokok itu saat sedang menukangi AC Milan di tahun 2007. Tepatnya saat Rossoneri sedang mengunjungi markas Celtic.

 

5 dari 8 halaman

Joachim Low

Pria berusia 60 tahun itu dikenal publik atas prestasinya membawa Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014. Namun, ia pernah diganjar kritik lantaran kedapatan sedang merokok kala Jerman menghadapi Portugal di pentas Euro 2008.

"Apa yang bisa saya katakan? Itu urusan pribadi saya. Kadang saya menghisap sebatang rokok atau menenggak segelas anggur merah pada malam hari. Itu bukan hal yang luar biasa memalukan," ucapnya.

 

6 dari 8 halaman

Johan Cruyff

Legenda asal Belanda ini juga dikenal dengan kebiasaan merokoknya yang parah. Bahkan dalam sehari, Cruyff bisa menghabiskan sampai 20 batang!

Semuanya berubah setelah Cruyff menjalani operasi jantung. Namun kebiasaan merokok sulit dihilangkan. Oleh karena itu, sebuah perusahaan permen berinisiatif mengiriminya satu kardus penuh lolipop.

 

7 dari 8 halaman

Diego Maradona

Tidak hanya sekali legenda Argentina ini kedapatan oleh kamera sedang menghisap cerutu. Sepertinya kebiasaan tersebut belum menghilang sampai sekarang.

Aktivitas merokoknya itu bahkan pernah menjadi pusat perhatian dalam ajang Piala Dunia 2018. Sebab, Maradona melanggar aturan merokok yang berlaku selama kompetisi tersebut berlangsung.

Sumber asli: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 4/6/2020)

8 dari 8 halaman

Video