Sukses

Dorna Jawab Skenario Balapan MotoGP di Asia dan Amerika

Dorna memperkirakan waktu terbaik untuk balapan MotoGP di Asia dan Amerika pada tahun ini.

Liputan6.com, Roma - Balapan MotoGP 2020 di luar Eropa kemungkinan baru bisa dilakukan setelah pertengahan November. Ada empat lokasi yang berpeluang melaksanakannya.

Seri tersebut adalah Thailand, Malaysia, AS, dan Argentina. CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyatakan penyelenggaraan MotoGP di lokasi tersebut bakal membutuhkan penyesuaian dari jadwal revisi.

Semula balapan Thailand berlangsung 4 Oktober (dijadwal ulang), Malaysia pada 1 November, AS pada 15 November (dijadwal ulang), dan Argentina pada 22 November (dijadwal ulang).

Perubahan kalender selanjutnya juga membuka kemungkinan dimajukannya seri Valencia (29 November) yang berstatus penutup.

"Keluarga besar MotoGP bekerja keras untuk memulai musim 2020, menggelar event sebanyak dan seaman mungkin," kata Ezpeleta, dilansir Crash.

"Maka kami memutuskan MotoGP bakal tetap di Eropa dan menggelar balapan sebanyak mungkin hingga pertengahan November."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jepang Mustahil

Atas pertimbangan itu pula, Dorna selaku operator kompetisi membatalkan balapan di Jepang. Seri Motegi rencananya dijadwalkan pada 18 Oktober.

Mustahil bagi Jepang menggelar MotoGP di musim dingin. "Waktunya terlalu lambat bagi Jepang untuk melangsungkan balapan," ujar Ezpeleta.

3 dari 3 halaman

Ajang Ketujuh

Pembatalan balapan tahun ini berarti Jepang tidak akan menggelar balapan MotoGP untuk kali pertama sejak 1986. Seri Jepang menjadi balapan ketujuh yang dicoret dari kalender tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini