Sukses

Kabar 9 Pemain Manchester City yang Dilepas Gratis Pep Guardiola

Dari 9 pemain Manchester City yang dilepas Pep Guardiola, ada yang terus melanjutkan karier sepak bola, ada pula pensiun.

Manchester - Manchester City pernah merekrut pemain-pemain dengan harga mahal. Manajer City Pep Guardiola juga menyaksikan banyak pemainnya yang pergi begitu saja sebelum kontraknya habis. Bisa karena tidak cocok dengan skema permainannya, atau si pemain enggan memperbarui kontrak.

Sebenarnya bukan Pep Guardiola saja yang kehilangan pemain secara cuma-cuma di Manchester City. Namun, eks pelatih Barcelona itu membiarkan sedikitnya sembilan pemain pergi dari Etihad Stadium.

David Silva mungkin bakal jadi pemain ke-10 yang akan meninggalkan Manchester City begitu saja setelah kontraknya habis akhir musim ini. Belum ada negosiasi terkait perpanjangan kontrak hingga berita ini turun.

Dari sembilan pemain tersebut, ada yang tetap melanjutkan karier sebagai pesepak bola profesional, baik itu di Eropa maupun di benua lain. Ada juga yang memilih pensiun.

Bagaimana kabar sembilan eks Manchester City yang dilepas di era Pep Guardiola? Berikut rangkumannya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Martin Demichelis

Untuk kasus yang satu ini, bisa jadi keputusan untuk tidak memperpanjang kontraknya sudah dibuat sebelum Pep Guardiola datang. Yang jelas, Martin Demichelis memang sudah membulatkan tekad untuk hengkang pada musim panas 2016.

Setelah itu, bek veteran asal Argentina tersebut bergabung ke Espanyol, namun hanya sebentar saja. Demichelis bahkan cuma bermain sebanyak dua kali selama setengah musim dan mengakhiri sisa musim 2016-2017 di Malaga sebelum pensiun pada musim panas 2017.

 

3 dari 10 halaman

Jesus Navas

Selama berseragam Manchester City, Jesus Navas sebetulnya merupakan satu di antara pemain yang diandalkan di sektor sayap. Namun, Pep Guardiola memilih untuk melepasnya secara gratis pada 2017.

Jesus Navas kemudian bergabung ke klub lamanya di Sevilla. Hingga kini, winger lincah itu masih bertahan di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan sebagai kapten tim di usia 34 tahun.

 

4 dari 10 halaman

Pablo Zabaleta

Pablo Zabaleta menjadi pemain berikutnya yang hengkang pada 2017. Ia hijrah menuju West Ham United dan masih bertahan hingga sekarang.

 

5 dari 10 halaman

Gael Clichy

Gael Clichy merupakan satu di antara pemain paling loyal di Manchester City. Ia bermain di sana selama enam musim, sama seperti Navas dan Zabaleta.

Bek asal Prancis itu kemudian hengkang menuju klub Turki, Istanbul Basaksehir. Berbeda dengan Zabaleta, di sana Gael Clichy masih ditetapkan sebagai pemain inti meski usianya telah menginjak 34 tahun.

 

6 dari 10 halaman

Willy Caballero

Willy Caballero laik mendapatkan label spesialis kiper pelapis di klub-klub Premier League. Itu yang ia dapat ketika di Manchester City dan kini di Chelsea.

Ya, Willy Caballero pernah membela Manchester City selama beberapa musim, dan menjadi pemain senior keempat yang dilepas secara gratis pada 2017 silam.

Beruntung, meski usianya telah mencapai 38 tahun, Chelsea, klubnya saat ini, masih memercayakannya dengan menghadiahinya perpanjang kontrak satu tahun beberapa pekan lalu.

 

7 dari 10 halaman

Luke Brattan

Mungkin nyaris tak ada yang mengenal sosok yang satu ini. Luke Brattan bergabung ke Manchester City pada 2015 silam, tapi tak pernah sekalipun bermain di tim utama.

Mayoritas kariernya dihabiskan di Australia bersama klub Melbourne City. Pada 2019 ia dilepas cuma-cuma dan bergabung dengan Sydney FC.

 

8 dari 10 halaman

Anthony Caceres

Sama seperti Luke Brattan, Anthony Caceres adalah pemain Australia yang urung merasakan atmosfer Premier League meski berstatus pemain Manchester City.

Musim lalu, ia dipinjamkan ke Sydney FC dan akhirnya dipermanenkan pada musim panas 2019.

 

9 dari 10 halaman

Eliaquim Mangala

Eliaquim Mangala adalah bek tengah yang dibeli dengan harga mahal, yakni mencapai 40 juta pounds pada 2014. Sayang, performanya terbilang biasa-biasa saja hingga akhirnya dilepas secara gratis tahun lalu.

Sebelumnya pun, Eliaquim Mangala menghabiskan kariernya sebagai pemain pinjaman. Kini, dia berseragam Valencia.

 

10 dari 10 halaman

Vincent Kompany

Berbanding terbalik dengan Mangala, Vincent Kompany merupakan satu dari sedikit pemain senior yang dianggap sebagai ikon sekaligus legenda Manchester City.

Dibeli dengan nominal 7,5 juta pounds 'saja', bek asal Belgia itu menjalani karier yang sukses bersama Manchester City sebelum dilepas secara gratis ke Anderlecht musim lalu.

Di Anderlecht, Vinny, panggilan akrab Vincent Kompany, bertindak sebagai pemain merangkap manajer. Ia juga menjadi kapten tim.

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Gregah Nurikhsani, Published 30/5/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini