Sukses

Menteri Olahraga Italia Berharap Serie A Kembali Bergulir 13 Juni 2020

Jakarta Serie A musim ini diharapkan bisa kembali bergulir pada 13 Juni 2020. Namun, Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, belum bisa memastikan Liga Italia dapat berlanjut pada tanggal tersebut.

Setelah sempat terhenti pada 9 Maret lalu akibat pandemi virus corona, Serie A berpeluang kembali diteruskan. Klub-klub kompetisi kasta teratas di Italia itu juga sudah mulai berlatih sejak awal Mei ini.

Namun, sesi latihan dilakukan secara individual dengan tetap memperhatikan aturan jaga jarak dan kesehatan. Rencananya, klub-klub Serie A baru akan menggelar latihan secara tim pada Senin (18/5/2020).

Melalui rilis resmi di situsnya, 13 Mei lalu, perwakilan Serie A menetapkan 13 Juni sebagai tanggal kembali dimulainya kompetisi. Tanggal tersebut dipilih setelah tercapai kesepakatan dengan 20 klub peserta melalui video conference.

Akan tetapi, rencana menggelar Serie A itu tidak akan bisa dilaksanakan jika pemerintah Italia tidak memberi izin. Pemerintah Italia jelas akan mempertimbangkan kondisi terkini di negara tersebut, terkait pandemi virus corona sebelum mengambil keputusan tentang Serie A.

2 dari 2 halaman

Ingin Bisa Segera Berlanjut

Vincenzo Spadafora mengaku ingin Serie A musim ini dapat diteruskan pada 13 Juni. Namun, berbagai pertimbangan kesehatan dan keselamatan membuat pemerintah Italia belum bisa memastikan tanggal kelanjutan Serie A.

"Kami berupaya memastikan setelah musim kembali bergulir, liga juga bisa berakhir. Peringatan yang kami terapkan telah disalahartikan. Kami tahu, atau lebih tepatnya, kami berharap sesi latihan tim dilanjutkan pada Senin 18 Mei," ujar Spadafora.

"Pemerintah telah memberikan lampu hijau untuk berlatih secara kelompok, sekarang tergantung kepada klub. Adapun untuk kompetisi musim ini, perlu untuk melihat kurva penularan (virus corona) setelah pembukaan yang sebenarnya pada 18 Mei," lanjutnya.

"Harapan saya Serie A dapat dilanjutkan pada 13 Juni, tetapi sampai hari ini tidak dapat dipastikan. Protokol FIGC telah menerima informasi dari komite ilmiah, tetapi kemudian sesuatu tidak berjalan dengan baik di dunia sepak bola," tuturnya.

Serie A musim ini hanya menyisakan 12 pertandingan lagi. Juventus masih nyaman berada di puncak klasemen dengan nilai 63, unggul satu angka atas Lazio di urutan kedua.

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Rizki Hidayat, published 18/5/2020)

Tontowi Ahmad Pensiun, Gantung Raket dari Bulu Tangkis