Sukses

Berstatus Legenda Brasil, Ronaldo Hanya Sumbang 1 Gelar Bagi Inter Milan

Sementara itu, Inter Milan dilatih Luigi Simone. Inter jelas tak kalah kuat. Selain Ronaldo, Inter musim itu juga memiliki Ivan Zamorano, Youri Djorkaeff, Diego Simeone, Javier Zanetti, hingga Gianluca Pagliuca.

Milan - Ronaldo merumput bersama Inter Milan pada 1997-2002. Sayangnya, selama lima musim di Giuseppe Meazza, Ronaldo tak bergelimang gelar. Ia hanya bisa meraih satu trofi juara bersama Nerazzurri. 

Satu-satunya trofi yang diraih Ronaldo bersama Inter Milan adalah di ajang Piala UEFA pada musim 1997-1998. Dalam partai final yang digelar di Parc des Princes, 6 Mei 1998, Ronaldo mengantarkan Nerazzurri mengalahkan sesama klub Italia.

Lawan Inter di final adalah tim kuat Lazio, besutan Sven-Goran Eriksson. Saat itu, Lazio memiliki pemain-pemain mumpuni seperti Alessandro Nesta, Pavel Nedved, Pierluigi Casiraghi, dan Roberto Mancini.

Sementara itu, Inter Milan dilatih Luigi Simone. Inter jelas tak kalah kuat. Selain Ronaldo, Inter musim itu juga memiliki Ivan Zamorano, Youri Djorkaeff, Diego Simeone, Javier Zanetti, hingga Gianluca Pagliuca.

Inter tak terhadang. Lazio tak berdaya. Nerazzurri menang tiga gol tanpa balas. Zamorano membuka keunggulan di menit ke-5. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Inter menambah dua gol di babak kedua. Zanetti menggandakannya di menit ke-60. Setelah itu, Ronaldo menutup pesta dengan golnya di menit ke-70. Ronaldo mencetak total enam gol untuk Inter Milan di Piala UEFA musim itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Pertama di Era Moratti

Gelar itu adalah trofi pertama Inter di era Presiden Massimo Moratti. Bagi Inter, gelar itu menambah pundi-puni gelar klub di ajang Piala UEFA. Sebelumnya, Inter Milan pernah juga juara Piala UEFA pada musim 1990-1991 dan 1993-1994.

Sejak itu, Inter belum pernah lagi juara di kompetisi tersebut, termasuk setelah formatnya berubah menjadi Liga Europa.

Trofi Eropa terakhir yang diraih Inter adalah Liga Champions 2009-2010. Musim itu, bersama Jose Mourinho, Inter bahkan menjadi klub Italia pertama yang meraih treble Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Gia Yuda Pradana, published: 7/5/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini