Sukses

Deretan Juara 500 cc atau MotoGP Sepanjang Masa, Marquez Siap Susul Legenda

Liputan6.com, Jakarta MotoGP 2020 belum menemui kejelasan kapan akan dimulai. Padahal, persaingan diprediksi bakal ketat karena mulai bangkitnya Yamaha dengan motor YZR M1 terbaru mereka.

Itu terlihat dari sesi pramusim MotoGP dua kali di sirkuit Sepang dan Losail Qatar. Ada juga Suzuki yang tampaknya jadi kuda hitam lagi musim ini.

Bicara MotoGP, saat ini orang semua kagum dengan torehan pembalap 27 tahun Marc Marquez. Pembalap asal Katalunya ini begitu perkasa sejak penampilan pertamakalinya di MotoGP pada 2013 lalu.

Memasuki musim ke-8 di MotoGP, Marquez sebenarnya memiliki misi untuk menyamai rekor Valentino Rossi. Dia hanya butuh satu kali gelar juara lagi dan bukan tak mungkin itu bisa diraih musim ini.

Tak hanya Valentino Rossi, Marc Marquez bisa menyusul torehan sang legendaris Giacomo de Agostini yang sudah meraih 8 kali gelar juara MotoGP atau 500 cc disebutnya kala itu.

 

2 dari 3 halaman

Pandemi Corona

Pandemi virus corona covid-19 memang menghentikan semua langkah pembalap. Saat ini saja sudah 11 seri yang dipastikan ditunda atau batal.

MotoGP baru bisa dipastikan pada Agustus nanti pada MotoGP Inggris. Ini diharapkan bisa menyalakan persaingan kembali diantara pembalap meski mungkin balapan hanya digelar tanpa penonton.

Apakah Marquez bisa samai rekor Valentino Rossi di musim yang agak ganjil ini? Atau ada pembalap lain yang membuat kejutan jadi juara sehingga menunda ambisi Marc Marquez.

 

3 dari 3 halaman

Infografis

 

Kalau dihitung total perolehan juara, Giacomo Agostini memang sudah meraih 15 kali gelar. 7 gelar juara diraihnya pada kelas 350 cc, tapi tentu ini tak bisa dibandingkan dengan MotoGP atau 500 cc.

Berikut infografis deretan juara 500 cc atau MotoGP: