Sukses

Efek Domino Corona Covid-19, Jadwal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 Berubah

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan Federasi Bulu Tangkis Spanyol (FESBA) terpaksa mengubah jadwal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021

Jakarta - Pandemi virus Corona sudah membuat kalender olahraga berantakan, tidak hanya untuk tahun ini. Ajang 2021 juga terpaksa mengalami perubahan. 

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan Federasi Bulu Tangkis Spanyol (FESBA) terpaksa mengubah jadwal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021, Jumat (1/5/2020). Turnamen yang awalnya diagendakan pada Agustus 2021 tersebut akan digeser menjadi 29 November-5 Desember 2021. 

Melalui rilis resminya, BWF mengatakan telah berdiskusi dengan Spanyol selalu tuan rumah kejuaraan bergengsi tersebut. BWF mengusulkan turnamen digeser ke akhir tahun supaya lebih maksimal dan sukses bagi pemain, komunitas Bulu Tangkis, dan juga fans. 

Pengunduran jadwal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 yang akan berlangsung di Huelva, Spanyol, itu tak lepas dari efek penundaan Olimpiade dan Paralimpade 2020 karena pandemi Corona. 

Olimpiade Tokyo 2020 dipastikan mundur setahun dan akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus. Adapun Paralimpiade berlangsung pada 25 Agustus hingga 5 September. Mau tak mau Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 harus mundur agar jadwalnya tak bergesekan. 

Jadwal baru itu juga membuat para atlet benar-benar fokus pada 2021. Mereka bisa maksimal tampil di Olimpiade sekaligus Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis. 

Venue Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 tersebut merupakan kota kelahiran tunggal putri Spanyol, Carolina Marin. Presiden BWF, President Poul-Erik Høyer, perubahan jadwal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis ke akhir November demi kesuksesan turnamen. 

"BWF dan Federasi Bulu Tangkis Spanyol yakin perubahan jadwal turnamen akan berujung kesuksesan. Perubahan ini membuat olimpiade dan Kejuaraan Dunia bisa digelar dengan seimbang dan adil bagi semua orang," kata Hoyer. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Event Spesial

Presiden FESBA, David Cabello, juga berharap Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 akan menjadi event yang spesial. 

"Kami harap Kejuaraan Dunia di Huelva akan menjadi acara  spesial untuk bulu tangkis Spanyol dan dunia," kata Cabello. 

"Kami puas dengan pemindahan Kejuaraan Dunia ke akhir tahun yang membuat kami bisa menggelar turnamen sebaik mungkin," imbuh Cabello. 

 

Sumber: BWF 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Yus Mei Sawitri, published 1/5/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.