Sukses

Alasan Pentingnya Pakai Masker Saat Pandemi Virus Corona Covid-19

Pada awal kemunculan virus corona covid-19 di Indonesia, pemerintah menganjurkan pemakaian masker hanya bagi mereka yang merasa kurang sehat saja.

Jakarta - Pandemi virus corona covid-19 masih belum berakhir. Kini jumlah orang yang terpapar di Indonesia mengalami kenaikan. Per Senin (6/4/2020) jam 08.00 WIB, kasus positif COVID-19 tercatat 2.273 (naik 181) dengan angka kematian mencapai 198 (8,7 persen).

Menyikapi situasi terkini, per Minggu (5/4/2020), Pemerintah Indonesia menganjurkan setiap warga yang beraktivitas di luar rumah untuk mengenakan masker.

Anjuran memakai masker juga diterapkan pada orang yang sehat, tidak terbatas bagi mereka yang merasa kurang enak badan.

Pada awal kemunculan virus corona covid-19 di Indonesia, pemerintah menganjurkan pemakaian masker hanya bagi mereka yang merasa kurang sehat saja.

Namun, mulai sekarang, apakah Anda sedang tak enak badan atau merasa sehat, sebaiknya memakai masker terutama saat bepergian pada masa pandemi virus corona seperti sekarang ini.

Hal ini selaras dengan studi terbaru di Amerika Serikat, yang mengarahkan semua orang harus mengenakan masker untuk pencegah penularan virus corona.

Seperti dilansir dari Antara, Senin (6/4/2020), berdasarkan hasil studi Komisi Tetap penyakit Menular dan Ancaman Abad 21 di Amerika Serikat, virus corona bisa menular melalui percakapan dan pernapasan normal dengan orang terpapar.

Kesimpulan studi yang dipublikasikan di laman Academy of Science Engineering Medicine itu, menyebut virus corona covid-19 bisa menyebar hanya melalui percakapan dan pernapasan.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masker Kain Jadi Solusi

Setelah dikonfirmasi dari para ilmuwan tersebut, Amerika Serikat kini menganjurkan warganya mengenakan masker. Pembaruan imbauan itu disampaikan tiga hari lalu.

"Kami tahu sekarang dari penelitian baru-baru ini bahwa sebagian besar orang dengan virus corona tidak memiliki gejala (asimptomatik) dan bahkan mereka yang pada akhirnya mengembangkan gejala (pragejala) dapat menularkan virus kepada orang lain sebelum menunjukkan gelaja," demikian penjelasan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dalam laman resmi mereka.

CDC merekomendasikan orang mengenakan masker kain, terutama karena masker bedah saat ini pasokannya sangat terbatas dan lebih diprioritaskan bagi pasien COVID-19 serta tenaga medis.

Gugus Tugas COVID-19 di Indonesia juga mengimbau masyarakat memakai masker kain tiga lapis ketika berada di tempat umum atau keramaian. 

Berdasarkan hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen.

Sumber: Antara

Disadur dari: Bola.com (penulis Aning, published 6/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini