Sukses

MotoGP Prancis Ditunda, Ini Beberapa Rekor di Sirkuit Le Mans

Dorna telah memutuskan lomba di Sirkuit Le Mans, Prancis yang seharusnya berlangsung pada 17 Mei harus ditunda.

Jakarta- Seri 1 lomba MotoGP 2020 kembali tidak jelas. Pasalnya lomba di Sirkuit Jerez, Spanyol, yang awalnya diplot sebagai putaran perdana, 3 Mei sudah diputuskan untuk ditunda.

Terbaru, Kamis (2/4/2020), lomba di Sirkuit Le Mans, Prancis, yang seharusnya berlangsung 17 Mei juga telah ditunda. Pada pengumuman resminya, Dorna sebagai penyelenggara MotoGP belum menentukan jadwal ulang lomba di Spanyol maupun Prancis.

Artinya kini minimal lomba pertama musim ini baru berlangsung di Sirkuit Mugello, Italia, 31 Mei.

Namun seperti diketahui, Italia merupakan negara di benua Eropa yang paling terpukul dengan pandemi virus corona. Artinya ada kemungkinan lomba di Sirkuit Mugello juga ditunda.

Pada artikel ini, Bola.com mengajak pembaca mengetahui beragam rekor kelas MotoGP yang tercipta di Sirkuit Le Mans.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekor

1. Rekor Lap Saat Lomba?

Catatan waktu tercepat saat lomba di Sirkuit Le Mans masih menjadi milik Maverick Vinales lewat lap yang ia bukukan pada tahun 2017. Kala itu ia melaju 1 menit 32,309 detik.

2. Johann Zarco Tembus 1 Menit 31 Detik?

Namun untuk rekor lap secara keseluruhan (semua sesi dari latihan bebas sampai lomba), catatan waktu terbaik di Le Mans dipegang oleh Johann Zarco. Dia sukses tembus 1 menit 31,185 detik saat meraih pole position MotoGP Prancis 2018.

3. Kecepatan Maksimal Motor?

Ducati dikenal motor yang memiliki power mesin terbesar di antara motor tim pabrikan lainnya. Hak ini terbukti di Le Mans. Tercatat kecepatan Andrea Iannone tembus 316,6 km/jam di tahun 2015. Angka tersebut merupakan kecepatanb tertinggi di Le Mans.

4. Pole Position Terbanyak?

Sejak era MotoGP dimulai, predikat pembalap dengan pole position terbanyak di Le Mans dipegang oleh Maverick Vinales. Tercatat ia merasakan pole position sebanyak empat kali. Di bawahnya ada nama Dani Pedrosa.

5. Pembalap Paling Sering Menang?

Sementara status pembalap paling sering menang di Le Mans sejak era MotoGP menjadi milik Jorge Lorenzo. Dia mengantongi lima kemenangan. Di bawahnya ada nama Marc Marquez.

6. Sektor Lurus Terpanjang?

Sirkuit Le Mans dikenal sebagai trek lambat dan didominasi banyak sektor yang hanya bisa dilewati dengan gigi pertama. Tidak heran sektor lurus terpanjang di sirkuit ini hanya 674 meter.

Sumber: MotoGP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini