Sukses

6 Aktivitas Positif untuk Sesama Selama Pandemi Corona COVID-19

Jakarta - Kebesaran Indonesia sebagai bangsa kembali mendapat ujian berat berupa pandemi virus Corona datang ke Tanah Air. Seperti ujian lainnya, saatnya segenap anak bangsa tanpa memandang jenis kelamin, golongan, suku, profeksi, agama, dan yang lainnya, menepikan perbedaan dan bergandengan tangan, saling mendukung, saling menguatkan.

COVID-19 yang disebabkan virus Corona yang sudah menjadi pandemi, memukul banyak sendi kehidupan masyarakat.

Ada keluarga yang kehilangan selamanya anggota keluarga tercinta, ada banyak usaha sektor informal, bisnis rumahan, pekerja lepas, hingga sektor pariwisata, barang, dan jasa yang mengalami kesulitan dan kerugian besar, imbas pandemi Corona.

Melihat situasi saat ini, ada baiknya kita ikut peduli. Melihat kondisi sesama, di sekitar kita.

Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, yang membutuhkan pertolongan.

Mungkin pertolongan tersebut terkesan remeh, bisa sebuah sapaan menanyakan kondisi melalui pesan singkat di tengah masa karantina mandiri, memberikan dukungan serta semangat kepada mereka yang positif COVID-19, hingga membantu kebutuhan pokok bagi mereka yang terdampak pandemi ini.

Apa pun bentuknya, kepedulian sangat berguna di masa seperti sekarang. Sampai saatnya tiba, Bangsa Indonesia bisa melalui ujian ini dan kembali menjalani kehidupan normal sehari-hari.

Berikut Bola.com merekomendasikan enam hal yang dapat Anda dilakukan untuk membantu sesama selama menjalani karantina mandiri akibat pandemi virus Corona, Kamis (2/4/2020).

Tentu, masih banyak hal positif lain yang bisa Anda lakukan buat sesama di masa sulit ini. Anda bisa menambahkannya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memberikan Bantuan Makanan

1. Memberikan bantuan makanan

Banyak orang yang menimbun berbagai macam makanan pokok hingga tisu toilet karena panik akan virus corona. Jika Anda merupakan satu di antara orang itu, pertimbangkan dan lihatlah orang lain yang tidak mampu untuk membelinya.

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menyumbangkan sebagian yang Anda miliki kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Banyak di luar sana orang yang terdampak akibat menyebarnya virus corona dan tak sanggup untuk membeli makanan.

Anda dapat memberikan makanan langsung kepada yang membutuhkan atau organisasi yang bergerak dibidang bantuan pangan.

Jika Anda ingin memberikannya melalui sebuah organisasi, hubungi dahulu organisasi yang terkait dan tanyakan makanan apa yang saat ini mereka butuhkan. 

Pertimbangkan untuk menyumbang makanan kepada organisasi yang menyalurkan makanan jadi kepada yang membutuhkan. Anda juga dapat berpartisipasi sebagai relawan jika organisasi tersebut membutuhkan tenaga untuk membuat makanan dan mengantarnya.

2. Membantu keluarga dan tetangga 

Datangi anggota keluarga atau tetangga terdekat yang membutuhkan suplai kebutuhan sehari-hari mereka. Mungkin di antara mereka ada yang membutuhkan atau kesulitan memenuhi kebutuhan dalam keadaan saat ini.

Secara khusus, jika Anda berada berjauhan dengan anggota keluarga yang lebih tua, mungkin Anda dapat menelpon mereka, dan membelikan stok kebutuhan agar mereka tidak perlu keluar rumah, mengingat lansia termasuk kelompok yang rentan tertular virus corona.

Apabila Anda akan pergi supermarket, mungkin Anda dapat menanyakan kepada tetangga apa yang mereka butuhkan. Beberapa minggu ini menjadi waktu yang dapat kita gunakan untuk mempererat silaturahmi dengan tetangga terdekat.

3 dari 4 halaman

Menjaga Komunikasi

3. Menjaga komunikasi dengan keluarga atau teman yang sedang dalam keadaan Sulit

Meski secara keadaan fisik kita tidak dapat bertemu dengan keluarga atau teman terdekat saat ini, kita dapat saling memberi dukungan dengan menjaga komunikasi.

Tetap berkomunikasi dengan kerabat dekat dapat memberikan ketenangan kepada mereka dan bahkan kita sendiri.

Hal tersebut dapat menjauhkan kita dari depresi dan stres karena dalam situasi yang sulit.

Anda dapat melakukan telepon secara rutin setiap harinya, atau melakukan panggilan video sehingga dapat bertatapan muka langsung dengan mereka. 

4. Donor darah

Jika Anda dalam keadaan sehat dan dapat menjangkau tempat pendonoran darah, pertimbangkan untuk mendonorkan darah Anda.

Seperti yang diketahui, banyak pendonor yang tak bisa memenuhi agenda donor darah karena kekhawatiran tertular virus corona. 

Di sisi, penggunaan darah untuk operasi dan orang yang membtuhkan tidak berkurang sama sekali. Hal tersebut menjadikan stok darah yang ada menjadi terus berkurang dan bahkan habis. 

4 dari 4 halaman

Membantu Petugas Kesehatan

5. Membantu Tenaga Kesehatan

Membantu petugas kesehatan menjadi tindakan yang sangat dibutuhkan saat ini. Tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam menangani virus corona, mereka merawat dan berupaya menyembuhkan orang yang mengalami COVID-19.

Anda dapat membantu dengan memberikan masker atau alat pelindung diri (APD) yang dapat membantu mereka menangani para pasien.

Bantuan yang Anda berikan dapat langsung diberikan kepada rumah sakit yang menangani pasien positif COVID-19 atau melalui organisasi kesehatan yang dapat menyalurkannya kepada rumah sakit membutuhkan.

6. Mendukung Bisnis Lokal

Banyak bisnis yang terdampak dari penyebaran virus corona ini. Hasilnya adalah banyak kedai, restoran, supermarket, dan pasar tutup sementara.

Namun, ada beberapa warung makanan pinggir jalan dan toko sembako yang tetap buka karena tidak memiliki pilihan lain untuk mencari uang.

Ini saat yang tepat untuk membeli makanan dan sembako dari mereka, karena terus membeli barang atau makanan dari mereka adalah hal yang sangat membantu agar bisnis lokal terus bertahan.

*Catatan: Semua dilakukan dengan mematuhi imbauan yang berlaku selama masa pandemi virus corona, seperti menjaga jarak (physical distancing), rajin mencuci tangan, mengenakan masker, dan tata cara lain yang berguna untuk menjauhkan Anda dari risiko terpapar virus corona atau menularkan virus kepada orang lain.

 

Sumber: Real Simple

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Rheza Aditya Gradianto/Editor: Gregah Nurikhsani, published 2/4/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.