Sukses

4 Tips Merawat Diri untuk Menyeimbangkan Kesehatan Mental saat Pandemi Corona Covid-19

Jakarta - Pandemi corona Covid-19 membuat masyarakat Indonesia harus mengisolasi diri di rumah. Ini agar penyebarannya tidak meluas.

Sambil berharap pandemi corona Covid-19 segera berakhir, kita dimintakan untuk tetap tenang dan waspada. Tapi pada titik tertentu, sebagian orang kerap dilanda kecemasan.

Di saat inilah kita perlu untuk melindungi kesehatan mental sambil merawat diri. Menghabiskan waktu sambil bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) secara efektif tetap dilakukan. 

Tetaplah bersikap positif, berbelas kasih, dan selalu bersyukur serta temukan cara untuk membuat perasaan bahagia, sehat, dan produktif. Melansir dari yourtango.com, berikut 4 tips merawat diri untuk membantu menyeimbangkan kesehatan mental selama isolasi pandemi  corona Covid-19.

1. Selesaikan pekerjaan yang belum pernah dilakukan

Mungkin ada beberapa hal yang belum pernah kamu lakukan, misalnya memilah-milah makanan yang sudah kadaluwarsa di dalam lemari es untuk membuat ruang bagi bahan makanan yang baru saja dipesan online. Jika kamu hanya terus-menerus berada di dalam kamar tidur dan rapikanlah lemari es.

2. Lakukan mani/pedi

Siapa bilang kamu harus tetap memakai piyama seperti belum meninggalkan rumah selama berminggu-minggu? Kamu layak untuk melihat dan merasakan yang terbaik bahkan saat kamu hanya berada di rumah. Merawat diri tidak harus menderita. Beri perawatan ekstra pada kuku, pilih warna cat kuku merah yang berkelas, dan lakukan video call dengan beberapa teman.

3. Periksa email

Jika sedang mencari sesuatu yang konstruktif untuk dilakukan, kamu dapat memeriksa email. Kamu dapat memulainya dengan menghapus ribuan pesan yang sudah tak terpakai.

Jika kamu tidak lagi memiliki inbox yang terlalu penuh. Simpan email yang memiliki tujuan penting. Atur folder dalam komputer dan laptop dengan baik.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Lakukan video call dengan keluarga

Kamu mungkin dapat terlena saat berselancar di media sosial dan membaca seluruh berita. Saat rasa cemas mulai menghantui, hubungi keluarga atau kerabat untuk melangkah lebih jauh untuk menciptakan rasa tenang dengan terhubung dengan berbincang lewat video call.

Diharapkan hal ini dapat membuat perasaan merasa lebih tenang dan meredakan kekhawatiran. 

Sumber: Fimela.com

Penulis: Finda