Sukses

Virus Corona Covid-19 Belum Reda, UEFA Pastikan Juni Tanpa Pertandingan Sepak Bola

Penundaan itu berkaitan dengan masih mewabahnya virus corona covid-19.

Liputan6.com, Nyon - Otoritas sepak bola Eropa, UEFA memutuskan menunda semua pertandingan tim nasional yang semula berlangsung Juni nanti lantaran pandemi virus corona covid-19. Penundaan itu dilakukan setelah UEFA mengadakan konferensi lewat video pada Rabu (1/4/2020) dengan 55 anggotanya.

"Semua pertandingan tim nasional baik putra maupun putri pada Juni ini ditunda sampai pemberitahuan berikutnya, termasuk play-off Piala Eropa 2020 dan Piala Eropa Putri 2021," tulis UEFA dalam situs resminya.

Penundaan itu berkaitan dengan masih mewabahnya Virus corona covid-19. Menurut data New York Times, Kamis (2/4/2020) ada 918.315 kasus di seluruh dunia dengan jumlah yang meninggal sebanyak 46.474.

Di Eropa, Italia menjadi negara terparah yang terpapar virus corona covid-19 dengan 110.574 kasus serta 13.155 orang meninggal dunia. Pandemi virus corona membuat semua pertandingan baik level Eropa maupun domestik berhenti sementara.

Tidak hanya pertandingan tim nasional, UEFA juga memutuskan memundurkan tenggat waktu bagi kompetisi di level klub hinga waktu yang belum diketahui. UEFA melakukan hal itu berkaitan dengan masalah kontrak dan administrasi pemain.

"UEFA akan mengatur tenggat yang baru dalam waktu secepatnya," tulisnya.

Seperti diketahui, kontrak pemain yang bermain di liga-liga Eropa rata-rata habis pada akhir Juni. Lewat dari itu, klub harus memberikan kontrak baru atau membiarkan sang pemain pindah.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beri Kelonggaran FFP

Lebih lanjut, UEFA juga memberikan kelonggaran bagi setiap klub untuk memenuhi proses Financial Fair Play (FFP). Selain itu, UEFA juga memutuskan menunda pemberian lisensi untuk musim 2020/21.

"Keputusan ini berlaku hanya untuk partisipasi pada musim 2020/21," tulis UEFA.

3 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi UEFA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini