Sukses

Bob Hasan Tutup Usia, Andi Darussalam Menangis Ceritakan Kedekatan Mereka

Ketua PASI, Bob Hasan meninggal di usia 89 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Bob Hasan, tutup usia, Selasa (31/3/2020). Salah satu pengusaha ternama di Tanah Air itu menghembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pada pukul 11.00 WIB setelah berjuang melawan penyakit kanker.

Tokoh sepak bola Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla, membenarkan berita ini. Pria asal Makassar itu mengatakan, jenazah Bob Hasan selanjutnya akan dibawa ke rumah duka dan sore ini juga akan dibawa langsung terbang ke Semarang.

"Almarhum akan dimakamkan di Kompleks Ungaran, Semarang, milik ayah angkatnya Gatot Subroto," kata Andi saat dihubungi Liputan6.com, Selasa siang (31/3/2020).

Andi dikenal sangat dekat dengan Bob Hasan. Sebab semasa hidup, Bob Hasan bersahabat baik dengan ayah pria yang akrab disapa ADS itu. Tali silaturahmi ini kemudian dilanjutkan kepada Andi. 

"Dia orang baik," kata ADS terisak. 

"Pendidik, dan ringan tangan membantu sesamanya," sambung Andi tersendat.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

ADS Menangis

Andi tidak kuasa menahan tangis. Suaranya terisak terdengar di seberang telepon. Masih dengan suara terbata-bata, pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Badan Liga Indonesia (BLI) itu minta izin menyudahi percakapan. "Udah dulu ya...Dia orang baik," ujar ADS sebelum menutup teleponnya. 

Mohammad (Bob) Hasan, lahir di Semarang tahun 1931. Dia adalah pengusaha yang juga pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII era Presiden Soeharto. Bob Hasan sejak kecil diasuh sebagai anak oleh Jenderal Gatot Subroto.

 

3 dari 3 halaman

Kiprah di Olahraga

Di kancah olahraga, Bob Hasan sangat lekat dengan atletik. Sebelum tutup usia, Bob masih menjabat sebagai Ketua PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Jabatan ini sudah disandang Bob sejak era presiden Soeharto dan tetap menjabat hingga 42 tahun kemudian. Sementara di internasional, Bob merupakan Honorary Life Council Member International Associations of Athletic Federation. 

Selama menjabat sebagai ketua PASI, Bob Hasan dikenal sangat dekat dengan atlet-atletnya. Bahkan, Bob Hasan merupakan penyokong dana sprinter andalan Indonesia Lalu Muhammad Zohri. Bob membiayai kebutuhan Zohri untuk mengikuti lomba lari dunia di Finlandia, Juli 2018. Mulai dari biaya latihan, persiapan, akomodasi, dan kebutuhan lainnya. Semua dari kocek pribadi Bob Hasan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini