Sukses

Saat Pandemi Corona Covid-19, Berikut 7 Manfaat Rutin Melakukan Yoga di Rumah

Apa saja manfaat yoga selama menghabiskan waktu di rumah saat pandemi virus Corona seperti saat ini? Berikut tujuh di antaranya.

Jakarta - Menghabiskan waktu di rumah adalah pilihan terbaik di saat pandemi Corona Covid-19. Dengan berdiam di rumah, Anda ikut mendukung pencegahan penyebaran virus tersebut. 

Namun, selama di rumah sebaiknya tidak hanya menghabiskan waktu dengan berleha-leha alias tak melakukan apa-apa. Anda tetap harus berolahraga agar tubuh bugar dan imun tubuh tetap kuat.

Salah satu olahraga mudah dilakukan di rumah selama pandemi Corona Covid-19 adalah yoga. Bukan hanya kesehatan fisik, rutin melakukan yoga juga efektif menjaga kesehatan mental. 

Yoga menjadi olahraga yang cocok dilakukan di rumah. Saat melakukan yoga, Anda tak membutuhkan ruang yang terlalu besar, bisa di dalam rumah maupun di halaman. 

Selain itu Anda juga bisa mencontoh gerakan-gerakan yoga melalui berbagai chanel Youtube. Gratis dan praktis. 

Apa saja manfaat yoga selama menghabiskan waktu di rumah saat pandemi Corona Covid-19 seperti saat ini? Berikut tujuh di antaranya.   

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Melepas Stres

Banyak penelitian ilmiah telah membuktikan manfaat yoga dalam melepas stres karena dapat merangsang pelepasan hormon endorfin sehingga mengurangi kortisol dalam tubuh dengan cara melatih pernapasan dan membuat tubuh rileks.

 

3 dari 8 halaman

2. Mencegah Penyakit

Mengatur pernapasan selama latihan yoga terbukti mampu mengeluarkan racun dan memberi asupan oksigen lebih banyak pada tubuh sehingga organ di dalam tubuh bekerja lebih baik mencegah penyakit karena sistem kekebalan tubuh meningkat. 

 

4 dari 8 halaman

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Karena dilatih untuk merasa tenang dan bernapas dengan baik, aliran darah akan lebih lancar dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang berisiko memicu stroke.

 

5 dari 8 halaman

4. Melatih Kekuatan dan Kebugaran Tubuh

Meski tampak tidak membuat berkeringat namun olahraga yoga mampu meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh karena lebih banyak menggunakan otot yang jarang digunakan dalam olahraga lain.

 

6 dari 8 halaman

5. Mengurangi Inflamasi Dalam Tubuh

Karena banyaknya hormon kebahagiaan yang dilepaskan otak, tubuh akan menyerap itu dan membantu mengurangi inflamasi di dalam tubuh.

Penelitian membuktikan, ketika imun tubuh lebih baik, maka inflamasi tubuh berkurang. 

7 dari 8 halaman

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Yoga termasuk olahraga kardio yang sangat baik melatih otot jantung, dan karena melatih sistem pernapasan, yoga efektif membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

 

8 dari 8 halaman

7. Meningkatkan Fleksibilitas Otot

Karena banyak otot tubuh yang dilatih, tanpa sengaja tubuh lebih fleksibel, sendi menjadi lebih kuat dan tubuh menjadi lebih kencang karena lebih banyak otot daripada lemak di dalam tubuh.

Jadi, selama di rumah saja jangan hanya jadi kaum rebahan, yuk olahraga yoga setiap hari! 

Sumber asli: dari berbagai sumber

Disadur dari: Fimela (Penulis Febi Anindya Kirana, published: 26/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini