Sukses

Reaksi Persija Jakarta Dengar Laga Kontra Persebaya Surabaya Ditunda

Laga Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya sejatinya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (7/3/2020).

Jakarta - Persija Jakarta menghormati keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunda laga pekan kedua Shopee Liga 1 2020 melawan Persebaya Surabaya. 

Laga Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya sejatinya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (7/3/2020). Namun, duel tersebut harus ditunda karena PT LIB menghormati surat anjuran dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19).

"Persija pada posisi sangat in line dengan kebijakan yang dibuat oleh PT LIB. Liga juga referensinya dari kebijakan pemerintah pusat yang berujung pada determinasi pemerintah daerah yang pada hal ini Provinsi DKI," kata Direktur Olahraga Ferry Paulus kepada wartawan di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Ferry Paulus mengakui, Persija Jakarta sebenarnya sudah menyatakan kesiapan untuk menggelar laga pekan kedua Shopee Liga 1 2020. Bahkan, sempat ada wacana untuk menukar status tuan rumah dengan Persebaya. Namun, pada akhirnya opsi tersebut tak diambil demi kepentingan bersama.

"Jika dilihat dari segi kesiapan, kami sangat siap. Bahkan, tadi ada opsi untuk memindahkan status tuan rumah jadi kami main di Surabaya dulu. Akan tetapi, kami harus menghormati keputusan dari segala sisi," tegas pria asal Manado, Sulawesi Utara itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atur Jadwal

PT LIB belum mengonfirmasi secara detail kapan pertandingan Persija Jakarta melawan Persebaya bakal digelar. Rencananya, pertandingan tersebut akan digelar ketika FIFA Matchday akhir Maret nanti.

"Selanjutnya LIB akan menyampaikan penjadwalan ulang setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk klub sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian," tutup pernyataan tersebut.

3 dari 3 halaman

Keputusan PT LIB

Keputusan pembatalan duel Persija vs Persebaya tertuang dalam surat yang dikirimkan PT LIB, Rabu (4/3/2020). Dalam surat tersebut disebutkan bahwa penundaan terpaksa dilakukan sebagai tindak lanjut surat yang diterima dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov DKI Jakarta terkait kewaspadaan terhadap penyebaran virus Corona. 

"Ini menindaklanjuti Surat Nomor 27 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi Corona virus, bersama ini PT LIB menunda pertandingan Persija vs Persebaya," tulis LIB dalam surat edaran untuk kedua tim yang ditandatangani oleh Dirut PT LIB, Cucu Somantri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.