Sukses

Termahal di Shopee Liga 1 2020, Gelandang Bali United Kalahkan Marko Simic

Liputan6.com, Bali - Kompetisi Shopee Liga 1 2020 mulai bergulir pada Sabtu (29/2/2020). Persaingan di kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia ini semakin sengit.

Salah satunya lantaran banyaknya pemain asing berkualitas yang berkiprah di Shopee Liga 1 2020. Sederet pemain punya nilai pasar atau market value yang mahal.

Berdasarkan situs Transfermarkt, nilai pasar para legiun asing di Shopee Liga 1 2020 cukup mencengangkan. Nilai pasar bukan merupakan harga asli pemain, tapi perkiraan atau taksiran nilai terkini di bursa transfer.

Situs Transfermrkt tergolong rutin dalam memperbaharui nilai pasar para pemain di seluruh dunia. Gelandang Bali United asal Irak, Brwa Nouri menjadi pemain termahal dengan nilai pasar mencapai 600 ribu Euro atau Rp9,2 miliar.

Sesungguhnya, nilai itu mengalami penurunan dari jumlah sebelumnya yang mencapai 650 ribu euro. Kualitas Brwa Nouri memang tidak diragukan, terlebih musim lalu dia ikut mengantarkan Bali United juara Shopee Liga 1 2019.

Bomber haus gol Persija Jakarta, Marko Simic, menduduki posisi kedua dalam daftar pemain Shopee Liga 1 2020 dengan nilai pasar termahal. Pemain beraspor Kroasia itu bernilai 550 ribu euro atau setara Rp 8,5 miliar.

Marko Simic patut dihargai mahal mengingat dia mampu tampil impresif sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak musim lalu. Persija akan kembali mengandalkannya untuk menjebol gawang lawan.

2 dari 3 halaman

Bek Arema FC

Di urutan ketiga terdapat nama bek Arema FC, Matias Malvino, dengan nilai pasar mencapai 500 ribu euro atau Rp7,8 miliar. Di posisi keempat ada empat pemain dengan nilai pasar sama.

Mereka adalah Jaimerson Xavier (Madura United), Nick Kuipers (Persib Bandung), Makan Konate (Persebaya Surabaya), dan Ezechiel N'Douassel (Bhayangkara FC) masing-masing menempati posisi keempat hingga ketujuh dengan nilai sama, yakni 475 ribu euro atau Rp7,5 miliar.

Willian Pacheco (Bali United), Petteri Pennanen (Tira Persikabo), dan Wiljan Pluim (PSM Makassar) berada di posisi berikutnya dengan nilai pasar 450 ribu Euro atau Rp7,1 miliar. Pemain asing memang mendominasi daftar ini.

3 dari 3 halaman

Dua Pemain Indonesia

Adapun dua pemain asal Indonesia yang mampu menembus 20 besar daftar nilai pasar atau market value termahal versi Transfermarkt yakni Stefano Lilipaly (Bali United) dan Febri Hariyadi (Persib Bandung).

Stefano Lilipaly berada di posisi 12 dengan nilai pasar mencapai 425 ribu euro atau Rp6,7 miliar. Lalu, Febri Hariyadi di urutan ke-17 dengan nilai 400 ribu euro atau Rp6,3 miliar.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Final Liga Champions 2012: Bayern Munchen vs Chelsea
Loading