Sukses

9 Manfaat Pisang Ambon, Bikin Tulang Kuat dan Jantung Sehat

Liputan6.com, Jakarta- Pisang ambon tidak hanya manis dan enak dikonsumsi, melainkan juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Jika dikonsumi secara teratur, Anda bisa mendapat manfaat yang besar bagi kesehtan.

Pisang ambon merupakan jenis pisang yang paling mudah ditemui di pasaran. Pisang ini identik dengan warna kuning segar dan kulit manis.

Pisang kaya akan kalium dan pektin, yang merupakan serat baik bagi tubuh. Selain itu, pisang juga bisa menjadi sumber magnesium, vitamin C dan vitamin B6. Dalam kondisi mentah atau terlalu matang sekalipun, pisang memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

Manfaat buah pisang ambon dipengaruhi oleh nutrisi yang dikandungnya tersebut. penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat nutrisi dalam pisang akan meningkat saat matang. Bila dimakan secara teratur, tentu kamu akan mendapatkan beragam manfaat yang luar biasa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/2/2020) ragam manfaat buah pisang ambon untuk kesehatan.

2 dari 11 halaman

Kesehatan Jantung

 

Manfaat buah pisang ambon yang bagus dapat menunjang kesehatan jantung kamu. Hal ini karena di dalam pisang terkandung potasium, yaitu elektrolit mineral yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh dan diperlukan dalam menjaga detak jantung.

Kandungan potasium dan sodium yang tinggi dari pisang juga dapat membantu melindungi sistem kardiovaskular terhadap tekanan darah tinggi.

3 dari 11 halaman

Meningkatkan Stamina

Manfaat buah pisang ambon untuk kesehatan dapat meningkatkan stamina saat olahraga. Minuman olahraga memang dapat membantu menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang. Sayangnya, minuman jenis ini biasanya mengandung gula dan bahan buatan lainnya. Karena itulah kamu lebih baik mengonsumsi pisang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Bahkan, buah ini diketahui memberi manfaat yang lebih dari minuman olahraga biasa karena mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B-6 alami.

 

4 dari 11 halaman

Menghindarkan Stres

Manfaat buah pisang ambon juga dapat membantu mengatasi depresi. Kadar tryptophan yang tinggi dalam pisang akan diubah tubuh menjadi serotonin, sehingga neurotransmiter otak meningkatkan suasana hati menjadi lebih relaks.

Ditambah, vitamin B6 di dalamnya dapat membantu kamu tidur nyenyak dan kandungan magnesium akan membantu mengendurkan otot. Sehingga, kamu pun akan terhindar dari stres dan depresi.

5 dari 11 halaman

Menyehatkan Pencernaan

Pisang kaya akan serat yang bisa membantu melancarkan buang air besar (BAB). Satu pisang dapat menyediakan hampir 10 persen kebutuhan serat harian tubuh. Vitamin B6 di dalam pisang juga dapat membantu penurunan berat badan.

Secara umum, pisang adalah makanan penurun berat badan yang baik, karena rasanya manis dan mengenyangkan. Sehingga, pisang dapat membantu kamu mengekang rasa lapar. Para peneliti bahkan menemukan bahwa pati resisten dalam pisang dapat mendukung kesehatan usus dan mengontrol gula darah.

6 dari 11 halaman

Bikin Tulang Kuat

Menurut sebuah artikel tahun 2009 di Journal of Physiology and Biochemistry, manfaat buah pisang ambon juga bisa didapatkan dari kandungannya yaitu, fructooligosaccharides yang merupakan karbohidrat non digestif penggerak priobiotik.

Zat ini ramah terhadap pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Dengan makan pisang tiap hari, tulang pun menjadi lebih kuat. 

7 dari 11 halaman

Terhindar dari Penyakit Kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi pisang secara konsisten dapat melindungi kamu dari kanker ginjal. Sebuah studi di Swedia pada 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 75 porsi buah dan sayuran mengurangi risiko kanker ginjal hingga 40 persen, dan pisang menjadi buah yang bekerja sangat efektif.

Dari penelitian yang sama juga dikatakan bahwa wanita yang mengonsumsi 4 hingga 6 buah pisang dalam sepekan bisa mengurangi separuh risiko terkena kanker ginjal. Hal ini dapat terjadi karena tingginya kadar senyawa fenolik antioksidan dalam buah berwarna kuning ini.

8 dari 11 halaman

Mencegah Diabetes

Menurut meta-analisis yang diterbitkan di Sleep Medicine Reviews, kurang tidur dapat berkontribusi pada diabetes gestasional. Di sisi lain, manfaat buah pisang ambon dapat membantu mencegah risiko terkena gangguan kesehatan tersebut.

Kandungan magnesium dan tryptophan pada pisang dapat membantu kamu memastikan istirahat malam yang baik, sehingga terhindar dari risiko tersebut.

9 dari 11 halaman

Meredakan Nyeri Ulu Hati dan Mencegah Tukak Lambung

Orang yang punya maag bisa mendapatkan manfaat buah pisang ambon untuk kesehatan pencernaan mereka jika buah ini rutin dijadikan camilan.

Pisang merupakan antasida alami dan berfungsi menetralkan asam lambung. Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

Perlu diingat, konsumsilah buah pisang sesuai takaran yang telah dianjurkan, jangan lebih dari itu. Sebab, makan buah pisang terlalu banyak dalam sehari justru dapat memunculkan berbagai gangguan kesehatan.

10 dari 11 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

Selain membantu menggantikan elekterolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

American Heart Association (AHA) menganjurkan para penderita hipertensi untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium guna membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

Namun, manfaat buah pisang ambon yang satu ini tidak akan bekerja secara efektif bila kamu tidak mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak. Jadi selain makan buah ini, kamu juga diharuskan untuk menerapkan pola makanan sehat yang kaya nutrisi.

(Husnul Abdi/Septikah Siddiqiyah)

11 dari 11 halaman

Saksikan Video soal Penyakit Jantung di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Penyebab Muncul Jerawat Meski Telah Beranjak Dewasa
Artikel Selanjutnya
Jangan Sepelekan 6 Tanda Masalah Jantung saat Berolahraga Ini