Sukses

Geoffrey Castillion dan 5 Pemain Belanda yang Pernah Direkrut Robert Rene Alberts

Geoffrey Castillion menjadi pemain Belanda keenam yang direkrut Rober Rene Alberts. Siapa saja lima pemain lainnya?

Bandung - Geoffrey Castillion menjadi calon rekrutan anyar Persib Bandung. Itu berarti, ia bakal jadi pemain keenam asal Belanda yang direkrut oleh Robert Rene Alberts.

Persib Bandung tengah memperkuat skuatnya untuk menyongsong kompetisi Liga 1 2020. Manuver Maung Bandung mulai dari memperpanjang kontrak pemain potensial sampai mendatangkan sejumlah amunisi baru.

Geoffrey Castillion menjadi salah satu nama yang dikait-kaitkan dengan Persib belakangan ini. Striker asal Belanda itu disebut bakal jadi tumpuan baru Maung Bandung di lini depan.

Terbaru, Geoffrey Castillion sudah mendarat di Indonesia pada Selasa (28/1/2020) malam WIB. Kini, pengumuman resmi Castillion sebagai pemain Persib hanya tingga menunggu waktu.

Namun ada yang menarik dari kedatangan Geoffrey Castillion tersebut. Mantan pemain Ajax Amsterdam itu menjadi bukti Robert Rene Alberts kerap memasukkan pemain asal Belanda ke klub yang ditanganinya.

Sebelum Geoffrey Castillion, Robert pernah mendatangkan lima pemain asal Belanda lainnya. Bola.com telah merangkum lima pemain asal Belanda yang pernah direkrut Robert Rene Alberts. Berikut perinciannya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Wiljan Pluim

Wiljam Pluim menjadi pemain Belanda pertama yang pernah masuk dalam skema Robert Alberts, yakni kala masih menukangi PSM Makassar pada 2016. Pluim didatangkan Roberts dari klub asal Vietnam, Becamez Bing Duong.

Di bawah asuhan Robert, Pluim menjadi salah satu gelandang yang cukup diperhitungkan di Liga 1. Pemain berusia 31 tahun itu juga disebut memiliki kedekatan secara emosional dengan Robert.

Kala pelatih asal Belanda itu merapat ke Persib, Pluim menjadi salah satu pemain yang rencananya dibawa ke Bandung. Namun, karena berbagai alasan, rencana tersebut pupus.

3 dari 6 halaman

2. Ronald Hikspoors

Bukan hanya Wiljam Pluim, di tahun yang sama, yakni 2016, Robert Rene Alberts juga mendatangkan Ronald Hikspoors. Sayang, Hikspoors tak terlalu bersinar di PSM Makassar.

Di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, Hispoors hanya menelurkan satu gol dari sembilan penampilannya bersama PSM. Performanya itu diperparah dengan rentetan cedara yang menghantamnya.

Imbasnya, Hikspoors terpaksa kembali ke Belanda untuk pemulihan. Sang pemain akhirnya resmi berpisah dengan PSM pada 23 November 2016. 

4 dari 6 halaman

3. Marc Klok

Gelandang asal Belanda, Marc Klok, diboyong Robert Alberts ke PSM Makassar pada April 2017. Di bawah suhan Robert, Marc Klok tampil cukup menjanjikan.

Ia dan Wiljan Pluim selalu diandalkan untuk mengisi pos lini tengah klub berjuluk Juku Eja. Taktik Alberts tersebut membuahkan hasil.

PSM berhasil finis di tiga besar papan atas klasemen selama dua musim berturut-turut yakni pada 2017 dan 2018.

5 dari 6 halaman

4. Nick Kuipers

Nick Kuipers diboyong Robert Rens Alberts ke Persib Bandung pada jendela transfer tengah musim 2019. Pemain asal Belanda itu didatangkan guna memperkukuh lini belang Persib pada putaran pertama kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Nick Kuipers menyebut keputusan menerima pinangan Persib Bandung sebagai langkah terbaik dalam kariernya sebagai pesepak bola profesional. Dia merasakan pengalaman yang tidak pernah dialami sebelumnya.

Menyambut musim keduanya bersama Persib, Kuipers berharap dapat meningkatkan performa dalam usaha mempersembahkan prestasi. "Saya ingin tim berada di puncak klasemen liga akhir musim nanti. Saya juga ingin bisa tampil dalam setiap pertandingan (tanpa akumulasi dan cedera)," kata Kuipers.

6 dari 6 halaman

5. Kevin van Kippersluis

Kedatangan Nick Kuipers ke Persib Bandung bersamaan dengan pemain asal Belanda lainnya, yakni Kevin van Kippersluis. Sayang, nasib Kipersluis di Maung Bandung tak secemerlang kompatriotnya itu.

Gelandang berusia 26 tahun itu didepak Persib pada pertengahan Desember 2019. Performa Kipersluis yang belum ada satu musim bersama Persib itu, dinilai tak optimal.

Imbasnya, ia menjadi pemain pertama yang dicoret persib Bandung sebelum musim 2020 dimulai. Kini, Kevin van Kippersluis tengah mencari pelabuhan baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.