Sukses

5 Tim Kuda Hitam Yang Guncangkan Liga Eropa Musim Ini

Jakarta - Liga Eropa telah memasuki pertengahan musim. Tidak ada dominasi dalam kompetisi domestik kecuali Liverpool di Liga Inggris.

Saat ini, Liverpool masih kukuh di pucuk pimpinan klasemen Premier League dengan raihan 67 poin. Skuat asuhan Jurgen Klopp itu unggul 16 poin atas pesaing terdekatnya, Manchester City.

Kondisi tersebut menjadikan The Reds sebagai klub dengan catatan start luar biasa di lima liga top Eropa dalam 20 tahun terakhir. Liverpool sukses mengungguli statistik Bayern Munchen (2013-2014), Manchester City (2017-2018), Juventus (2018-2019), Chelsea (2005-2006) dan Barcelona pada musim 2010-2011.

Selain performa apik Liverpool, ada pula beberapa klub non unggulan yang tampil impresif di liga Eropa. Beberapa klub tersebut secara mengejutkan tampil memukau hingga pertengahan musim ini.

Menjadi tim yang tak diunggulkan, memang menjadi keuntungan tersendiri. Klub-klub tersebut tentunya akan bermain tanpa beban saat berlaga.

Bahkan, performa para klub tersebut melebihi ekpektasi dan justru mengungguli klub-klub besar. Hal tersebut kerap disebut dengan istilah klub underdog atau kuda hitam.

Lantas, siapa saja klub underdog di liga-liga Eropa? Berikut ini Bola.com merangkum dari Ronaldo.com, Minggu (26/1/2020), lima klub underdog di liga Eropa.

 

2 dari 7 halaman

Wolverhampton Wanderers

Wolverhampton Wanderers bisa dibilang tampil oke pada musim ini, terutama di Premier League. Saat ini, Wolves berada di urutan ketujuh klasemen dengan 34 poin.

Raihan poin tersebut sama dengan Manchester United dan Tottenham Hostpur. Kemudian, posisi Wolves tersebut juga lebih baik atas Arsenal yang ada urutan 10 klasemen dengan 30 poin.

Dari 24 laga yang sudah dijalani, Wolves sukses meraih 8 kali kemenangan dan 10 kali imbang. Satu kemenangan di antaranya berhasil ia torehkan saat bersua Manchester City.

Skuat asuhan Nuno Espirito itu menang 2-0 atas The Citizens pada Oktober lalu. Pada laga terakhir di Premier League, Wolverhampton hampir saja menahan imbang pimpinan klasemen, Liverpool.

3 dari 7 halaman

Sevilla

Di La Liga, Sevilla menjadi satu di antara klub yang tampil mengesankan musim ini. Skuat asuhan Julen Lupetegui itu kini berada di peringkat ketiga klasemen dengan 38 poin.

Sevilla berhasil mengungguli Atletico Madrid yang berada di urutan keempat. Kini, Sevilla hanya terpaut lima angka dari Barcelona dan Real Madrid yang berada di atasnya.

Dari 21 pertandingan yang sudah dilalui, Sevilla meraih 11 kali kemenangan dan lima kali imbang.

4 dari 7 halaman

Leicester City

Leicester City sudah tampil mengejutkan sejak beberapa musim lalu. Pada musim 2015-2016, The Foxes secara mengejutkan menjadi kampiun Premier League.

Musim ini, Leicester City kembali tampil mengesankan di Premier League. Saat ini, The Foxes berada di urutan ketiga klasemen sementara 48 poin.

Skuat asuahan Brandon Rodgers itu mengungguli klub-klub besar seperti Chelsea, Manchester United, Tottenham Hotspur dan Arsenal.

Saat ini, dari 24 laga yang sudah dimainkan, Jamie Vardy dkk meraih 15 kali kemenangan dan tiga kali imbang.

5 dari 7 halaman

Atalanta

Atalanta tampil kesetanan di Serie A 2019-2020. Skuat asuhan Giampiero Gasperini itu tercatat empat kali menang dengan skor yang mencolok.

Bahkan, satu di antaranya ia torehkan saat menghadapi AC Milan. Empat klub Serie A yang pernah dibantai Atalanta musim ini ialah Udinese (7-1), Parma (5-0), AC Milan (5-0) dan terbaru menang atas Torino dengan skor 7-0.

Saat ini, Atalanta berada di urutan kelima dengan raihan 38 poin. Dari 21 laga yang sudah dijalani Duvan Zapata dkk meraih 11 menang dan lima kali imbang.

Bukan tidak mungkin catatan impresif Atalanta tersebut berlanjut di sisa laga Serie A musim 2019-2020.

6 dari 7 halaman

RB Leipzig

Mungkin banyak yang tak menyangka RB Leipzig akan menjadi pemimpin klasemen sementara Bundesliga musim ini dengan 40 poin.

Skuat asuhan Julian Nagelsmann itu kini unggul satu poin atas Bayern Munchen yang ada di urutan kedua. Kemudian unggul empat angka atas Borussia Dortmund yang ada di peringkat empat.

Dari 19 laga yang sudah dimainkan, RB Leipzig meraih 12 kali kemenangan dan empat kali hasil imbang. Jika bisa tampil konsisten, RB Leizpzig bukan tidak mungkin akan menjadi juara Bundesliga 2019-2020.

Disadur dari: Bola.com (penulis Faozan, editor Gregah, published 27/1/2020)

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Fakta Kekalahan Tottenham Hotspur dari RB Leipzig
Artikel Selanjutnya
Manajer RB Leipzig Ingatkan Timo soal Bahaya Pindah ke Liverpool