Sukses

Harapan Besar Menpora pada Piala Presiden Esports 2020

Jakarta- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia mendukung penuh penyelenggaraan turnamen bergengsi Piala Presiden Esports 2020 yang akan menggelar babak grand final pada 1-2 Februari 2020 mendatang. Menpora Zainudin Amali berharap ajang bertaraf internasional ini bisa melahirkan atlet esports yang bisa diandalkan Indonesia.

Hal tersebut diutarakan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, saat audiensi bersama Indonesia Esports Premiere League (IESPL) di gedung Kemenpora, Jakarta pada Selasa (21/1/2020) sore. Menurutnya, Esports berpotensi menjadi cabang olahraga unggulan yang bisa mempersembahkan kebangaan bagi publik Tanah Air.

"Esports telah diperlombakan di turnamen-turnamen besar seperti Asian Games 2018 dan SEA Games 2019 kemudian Esports akan dipertandingkan pada Olimpiade Paris di tahun 2024 mendatang. Cabang olahraga ini terbukti banyak melahirkan atlet muda yang bertalenta. Potensi ini harus dirawat dengan berbagai kejuaraan, salah satunya melalui Piala Presiden Esports yang saat ini sedang bergulir," tutur Zainudin Amali.

Tak sekadar mendukung penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020, Kemenpora saat ini juga tengah mengkaji regulasi yang nantinya akan memberikan legitimasi bagi Esports sebagai sebuah cabang olahraga yang diakui di Indonesia.

"Dengan adanya regulasi tersebut, nantinya kita semakin terpetakan bagaimana cara membawa Esports kearah yang semakin positif dan memiiliki kontribusi yang besar terhadap negara ini, khususnya di bidang olahraga dan sektor-sektor lainnya," ujar Zainudin.

 

2 dari 3 halaman

Internasional

Dalam kesempatan yang sama, CEO IESPL yang juga ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha, memuji komitmen dan juga dukungan Kemenpora dalam memajukan perkembangan Esports di Indonesia. Diyakini Giring, dukungan dari banyak pihak akan membuat ekosistem Esports di Indonesia semakin tumbuh dan berkembang.

“Membentuk ekosistem Esports yang baik di Indonesia merupakan kerja keras dari berbagai elemen. Dari sisi kami, pengembangan ekosistem ini dilakukan dengan menyelenggaakan Piala Presiden Esports 2020, yang kini melibatkan tidak hanya pejuang Esports dari Tanah Air tapi juga enam negara di Asia Tenggara, yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Filipina,” kata Giring.

3 dari 3 halaman

Empat Game

Piala Presiden Esports 2020 akan memainkan total empat game. Dua diantaranya merupakan game populer di dunia yakni Free Fire dan Pro Evolution Soccer atau yang selama ini dikenal sebagai PES.

Dua cabang game lain yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2020 adalah permainan fruit dart dan satu game lokal yang akan segera diumumkan oleh panitia.

 

Final Liga Champions 2012: Bayern Munchen vs Chelsea
Loading