Sukses

8 Fakta Menarik Usai Liverpool Tak Terkalahkan Selama Setahun

Liverpool - Liverpool menang 2-0 atas Sheffield United pada laga pekan ke-21 Premier League di Stadion Anfield, Kamis (2/1/2020). Hasil tersebut membuat The Reds mempertahankan tren gemilang di liga.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Liverpool tampil menekan sejak bola digulirkan. Berdasarkan statistik di situs resmi Premier League, skuat Si Merah mencatatkan 74,8 persen penguasaan bola, berbanding 25,2 persen milik Sheffield.

Selain itu, Liverpool melepaskan 19 tembakan yang tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Adapun tim tamu hanya memperoleh dua peluang bagus dari tiga kesempatan.

Bermain dominan sejak bola digulirkan, Liverpool mampu mengunci kemenangan dengan skor 2-0. Sepasang gol The Reds disarangkan Mohamed Salah pada menit ke-4 dan Sadio Mane menit ke-64.

Hasil tersebut membuat Liverpool memperpanjang catatan tak terkalahkan di Stadion Anfield pada ajang Premier League menjadi 51 laga, dengan perincian 41 kemenangan dan 10 imbang.

Selain itu, The Reds juga belum pernah kalah dalam 37 pertandingan di Premier League. Dari 37 laga itu, mereka meraih 32 kemenangan dan lima hasil imbang.

Tren gemilang tersebut membuat Liverpool makin kukuh berada di puncak klasemen sementara Premier League musim ini. Skuat Si Merah mengoleksi 58 poin, unggul 13 angka atas Leicester City yang menempati peringkat kedua.

Liverpool masih berpeluang makin menjauh dari kejaran Leicester, andai mampu mengalahkan West Ham United pada laga tunda pekan ke-18 Premier League. Di sisi lain, Sheffield United berada di urutan delapan dengan nilai 29.

2 dari 3 halaman

Data dan Fakta:

1. Liverpool telah meraih 58 poin dari 20 pertandingan di Premier League musim ini. Sepanjang sejarah liga teratas di Inggris, hanya Manchester City yang mampu melakukan hal serupa pada musim 2017-2018 (58 poin).

2. Sheffield United telah menelan enam kekalahan di Premier League kontra klub penghuni puncak klasemen, termasuk dua laga melawan Liverpool pada musim ini.

3. Liverpool berhasil mencetak gol dalam 29 laga secara beruntun di Premier League. Hanya dua klub yang mampu mencetak gol berturut-turut lebih lama ketimbang The Reds di kompetisi ini, yakni Arsenal antara 2001 sampai 2002 (55 laga) dan Manchester United antara 2007 sampai 2008 (36 laga)

4. Sheffield United untuk pertama kalinya menelan dua kekalahan beruntun di liga, setelah terakhir kali terjadi dalam dua laga pembuka Divisi Championship musim lalu.

5. Mohamed Salah menjadi pemain keempat yang mencetak lebih dari 50 gol dengan kaki kiri untuk satu klub di Premier League, setelah Robbie Fowler (85 gol bersama Liverpool), Ryan Giggs (83 gol bersama Manchester United), dan Robin van Persie (63 gol bersama Arsenal).

6. Gol Sadio Mane ke gawang Sheffield adalah kontribusi golnya yang ke-100 bersama Liverpool dalam 151 penampilan di semua kompetisi. Mane tercatat mencetak 74 gol dan 26 assist.

7. Sejak awal musim lalu, hanya Trent Alexander-Arnold (20) yang menorehkan lebih banyak assist di Premier League ketimbang Andy Robertson (17) di Liverpool.

8. Alisson mencatatkan penampilan ke-50 di Premier League bersama Liverpool dan mencatatkan 26 clean sheet. Sejauh ini, hanya Petr Cech (33) dan Pepe Reina (28) yang mencatatkan clean sheet lebih banyak ketimbang Alisson, dalam 50 laga pembuka di Liga Inggris.

Sumber: BBC

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat/Aning Jati, published 3/1/2020)

3 dari 3 halaman

Video: