Sukses

Sikat Persela, Sriwijaya FC Juarai ISL

Liputan6.com, Palembang: Sriwijaya FC yang tampil konsisten di ISL musim kompetisi 2011/2012 akhirnya berhasil meraih gelar juar. Gelar juara tersebut dipastikan oleh skuad Laskar Wong Kito, julukan untuk Sriwijaya FC, setelah berhasil mengalahkan Persela Lamongan dalam laga lanjutan ISL 2011/2012 pekan ke-16, dengan skor 3-0 (2-0). Dengan raihan tiga poin ini, Sriwijaya FC berhasil mengumpulkan 73 poin, terpaut 11 poin dari juara musim sebelumnya, yakni Persipura Jayapura, yang hanya mengumpulkan 62 poin. Oleh karena itu, walaupun ISL masih menyisakan dua pertandingan, Persipura telah dipastikan tidak dapat mengejar ketertinggalnya, dan merelakan gelarnya kepada Sriwijaya FC.

Saat menjamu Persela di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, pada Rabu (20/6) sore, skuad asuhan Kas Hartadi ini bermain tanpa beban, walau pun dituntut untuk meraih kemenangan agar bisa meraih gelar juara lebih awal. Di menit awal babak pertama, pasukan Elang Andalas, julukan lain untuk Sriwijaya FC, berhasil menciptakan gol pembuka pada menit ke-19, melalui kaki Keith Kayamba Gumbs yang berhasil memanfaatkan umpan dari Firman Utina berhasil menggetarkan gawang Persela yang dijaga oleh kiper Khoirul Huda. Ketinggalan satu gol, Persela mencoba untuk bangkit, walau pun beberapa peluang dari penyerang Rudi Widodo dan mario Alejandro Costas masih belum bisa membongkar gawang Sriwijaya FC yang dijaga oleh Ferry Rorinsulu.

Bermain ngotot, ternyata membuat pertahanan Persela lengah. Wal hasil, di menit ke-26, pemain tengah Sriwijaya FC, Muhammad Ridwan, yang menerima umpan terobosan Gumps, berhasil melesakan sebuah tendangan yang membuat kiper Khoirul Huda kembali memungut bola dari dalam gawangnya. Skor 2-0 untuk tuan rumah bertahan hingga peluit babak pertama ditiup oleh wasit Thoriq M. Alkatiri‎.

Keunggulan tersebut semakin membuat kubu tuan rumah yang didukung 37 ribu pendukungnya semakin bersemangat, dan mencoba untuk mendisiplikan lini pertahanannya. Sementara di kubu tim tamu yang diarsiteki Miroslav Janu berusaha untuk membongkar pertahanan Sriwijaya FC. Namun, pertahanan Sriwijaya FC yang masih terlalu kokoh bagi Laskar Jaka Tingkir, julukan Persela. Akhirnya, pada menit ke-74, Stadion Jaka Baring kembali bergemuruh, setelah Ridwan berhasil mencetak gol keduanya setelah berhasil memanfaatkan umpan Septia Hadi menjadi sebuah gol, yang memantapkan posisi Sriwijara FC dengan skor 3-0.

Disisa waktu babak kedua, kedua tim tidak dapat menghasilkan satu gol pun, walau banyak peluang yang tercipta. Tiga gol tanpa balas bertahan hingga pertandingan usai.(GAN)