Sukses

Shopee Liga 1 2019 Usai, Bali United dan PSM Wakili Indonesia di Kompetisi Asia

Bila Bali United dapat melewati babak itu, Serdadu Tridatu akan menduduki Grup E bersama Beijing FC (China), Chiangrai United (Thailand), dan satu peserta lainnya dari babak eliminasi/play-off.

Jakarta - Shopee Liga 1 2019 telah usai. Bali United dan PSM Makassar serta Persebaya kemungkinan akan mewakili Indonesia di kompetisi Asia.

Formulanya, pemenang dari kompetisi domestik alias Shopee Liga 1 2019, Bali United, berhak mendapat tiket LCA 2020. Namun, Bali United harus merangkak dari babak eliminasi. Tim berjulukan Serdadu Tridatu ini perlu melewati tiga tahap, yang meliputi babak eliminasi pertama, eliminasi kedua, dan play-off, sebelum lolos ke babak penyisihan.

Bila Bali United dapat melewati babak itu, Serdadu Tridatu akan menduduki Grup E bersama Beijing FC (China), Chiangrai United (Thailand), dan satu peserta lainnya dari babak eliminasi/play-off.

Tiket kompetisi Asia kedua jatuh kepada PSM Makassar selaku kampiun Piala Indonesia 2018-19. Tim beralias Pasukan Ramang ini akan berkiprah di kejuaraan kasta kedua antarnegara Asia, Piala AFC 2020.

Jika Bali United memerlukan tiga jenjang untuk lolos ke fase grup LCA, maka PSM langsung lolos ke babak play-off dan hanya melalui satu tahapan untuk masuk ke babak penyisihan Piala AFC.

Pada babak play-off Piala AFC, PSM akan menantang juara Liga Timor Leste, Lalenok United dengan sistem kandang dan tandang pada 22 dan 29 Januari 2019.

Apabila melenggang dengan mulus di babak play-off, PSM akan tergabung di Grup H Piala AFC bersama Tampines Rovers (Singapura), Kaya-Iloilo (Filipina), dan Shan United (Myanmar).

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persebaya Menggantung Harapan kepada Bali United

Jatah ketiga wakil Indonesia di Asia adalah di Piala AFC dengan status daftar tunggu. Tiket ini untuk runner up  Shopee Liga 1 2019, Persebaya Surabaya. Tim beralias Bajul Ijo itu dapat langsung lolos ke babak penyisihan, namun masih perlu menunggu perjalanan Bali United di LCA.

Apabila Bali United tersingkir di babak eliminasi/play-off, maka Serdadu Tridatu turun kasta ke Piala AFC dan menempati Grup G.

Namun, jika Bali United berhasil melaju ke babak penyisihan LCA, dengan begitu Persebaya masuk Grup G Piala AFC.

Persebaya harap-harap cemas dengan peluang tersebut. Merujuk pada pencapaian dua tahun terakhir, wakil Indonesia selalu rontok di babak eliminasi/play off-LCA dan terlempar ke Piala AFC.

Sebagai wakil Indonesia di LCA pada 2018 dan 2019, Bali United serta Persija Jakarta sama-sama tersingkir di babak eliminasi kedua.

Disadur dari: Bola.com (penulis M Adiyaksa, editor Wiwig, published 23/12/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.