Sukses

Bisa Jaga Kesehatan Jantung, Ini 10 Manfaat Salak untuk Kesehatan

Simak 10 manfaat buah salak untuk kesehatan, salah satunya bisa menjaga kesehatan jantung.

Liputan6.com, Jakarta- Buah salak punya segudang manfaat untuk kesehatan. Itu karena buah salak mengandung begitu banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memaksimalkan kesehatan.

Mengonsumsi buah dengan kulit bersisik ini secara rutin, akan mampu mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan buah salak terdiri dari zat makro, zat gizi mikro, dan serat.

Nah, untuk mendapatkan manfaat buah salak, kamu dapat mengonsumsi daging salak beserta kulit arinya. 

Buah salak yang kaya akan kandungan zat besi juga sangat baik dikonsumsi penderita anemia defisiensi besi. Selain itu, salak juga banyak mengandung vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), vitamin C, dan karbohidrat.

Ada juga kalsium, fosfor, potasium, protein, lemak, dan serat. Buah salak tidak mengandung kolesterol, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi.

Berikut 10 manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

Saksikan Video terkait Jantung di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Jaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata merupakan satu dari sudang manfaat buat salak. Hal ini dikarenakan buah salak mengandung vitamin A yang di dalamnya terdapat beta karoten.

Beta karoten pada buah salak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk merasakan manfaat buah salak ini, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin. Kamu bisa menjadikan salak sebagai pengganti wortel untuk mendapatkan asupan vitamin A.

3 dari 11 halaman

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Buah salak juga mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan buah salak memiliki kandungan senyawa polifenol dan flavonoid yang berlimpah, sehingga dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Ada juga kandungan zat beta karoten yang merupakan antioksidan baik untuk mencegah penyakit kardiovaskuler, stroke, hingga kanker.

4 dari 11 halaman

Jaga Kesehatan Jantung

Buah salak tidak mengandung kolesterol. Oleh karena itu, kamu bisa merasakan manfaat buah salak untuk menjaga kesehatan jantung.

Buah salak juga kaya antioksidan yang bisa membantu tubuh mengatur regulasi air di dalam tubuh. Regulasi ini sangat penting untuk kesehatan jantung dan metabolisme tubuh.

5 dari 11 halaman

Meningkatkan Daya Ingat

Buah pengingat merupakan salah satu sebutan untuk buah salak. Manfaat buah salak untuk kesehatan selanjutnya dapat membantu meningkatkan daya ingat. 

Hal ini dikarenakan adanya kandungan potassium dan pectin tinggi, membuatnya meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan meningkatkan memori.

6 dari 11 halaman

Bantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah salak lainnya dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Hal ini dikarenakan salak memiliki kandungan serat dan antioksidan. Tak heran, sebagian orang kerap mencoba dan memasukkan buah salak ke dalam menu dietnya.

Kalisum dan karbohidrat pada buah salak juga dapat memenuhi kebutuhan energi dan stamina dalam menjalani program diet.

7 dari 11 halaman

Lancarkan Pencernaan

Buah salak bisa membantu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Kamu bisa merasakan manfaat buah salak ini dengan mengonsumsi daging salak beserta kulit arinya. 

Kulit ari buah salak sama-sama mengandung nutrisi padat yang terdiri dari serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta karoten. Dimana semua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Misalnya saja serat yang ada pada buah salak ini bisa membantu mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kamu.

Alhasil, buah ini dapat membantu kamu terhindar dari sembelit. Begitu juga dengan kandungan nutrisi tanin, yang memiliki efek antimikroba alami dalam usus sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat diare alami. Tanin juga bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan lainnya.

8 dari 11 halaman

Kontrol Gula Darah

Pterostilbene dalam buah salak dapat membantu menurunkan glukosa pada darah. Teh yang terbuat dari kulit buah salak membantu regenerasi sel di pankreas. Sebagai hasilnya, ini membantu mengendalikan diabetes.

9 dari 11 halaman

Membentuk Otot Tubuh

Buah salak mengandung banyak protein. Hal ini berarti buah salak dapat kamu jadikan alternatif untuk menambah massa otot tubuh. Imbangi dengan olahraga secara teratur agar otot tubuh menjadi lebih sehat.

10 dari 11 halaman

Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan zat besi dalam buah salak bisa bantu mengatasi anemia pada ibu hamil. Salak juga dikenal memiliki senyawa yang mampu atasi mual di pagi hari pada ibu hamil.

Kalisum pada buah salak juga bisa membantu ibu hamil dalam proses pembentukan tulang janin. Mengonsumsi salak manfaatnya bukan hanya pada ibu yang mengonsumsinya, tapi juga berefek pada janin yang dikandung. 

Agar manfaat buah salak tetap dapat dirasakan, kamu bisa mengonsumsi salah secara rutin cukup satu atau dua buah saja per harinya. Mengonsumsi buah salak berlebihan atau terlalu banyak justru akan mengalami masalah kesehatan bagi ibu hamil.

11 dari 11 halaman

Jaga Kesehatan Kulit

Sedangkan manfaat buah salak untuk kecantikan bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur. Manfaat yang bisa dirasakan adalah kulit menjadi lebih sehat.

Hal ini dikarenakan adanya antioksidan dalam buah salak. Senyawa ini dipercaya dapat mencegah efek buruk dan radikal bebas yang akan berbahaya bagi kulit.

(Nisa Mutia Sari/Septika Siddiqiyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.