Sukses

Ryan Santoso Jadi Pemain Keturunan Indonesia Pertama yang Tampil di NFL

Liputan6.com, Indianapolis - Minggu (1/12/2019) waktu Amerika Serikat menjadi hari bersejarah bagi Ryan Santoso. Pemuda 24 tahun itu akhirnya melakukan debut di musim reguler kompetisi American Football terbesar di dunia, NFL. Ryan menjadi pemain keturunan Indonesia pertama yang main di musim reguler NFL.

Ryan Santoso memang tercatat sebagai warga negara Amerika Serikat. Namun dia memiliki darah Indonesia dari ayahnya, Riyanto Santoso. Ibunya berasal dari Amerika Serikat bernama Lori.

Sebelum akhirnya menembus NFL, Ryan Santoso bermain untuk tim kampusnya, Universitas Minnesota. Ryan baru direkrut oleh klub NFL, Tennessee Titans, pada 27 November 2019 lalu. 

Titans langsung memberikan kesempatan Ryan Santoso melakukan debut di NFL saat melawan Indianapolis Colts di Lucas Oil Stadium. Ryan bermain sebagai kicker atau punter. 

Debut Ryan bersama Titans di NFL cukup sukses. Dia berhasil melakukan lima kali touchback. Titans juga sukses menang besar 31-17 atas Colts.

2 dari 3 halaman

Dikontrak Detroit Lions

Ryan Santoso sebenarnya sudah direkrut klub NFL pada tahun 2018. Ryan Santoso dikontrak Detroit Lions pada April 2018, meski sebelumnya tak terpilih di NFL Draft 2018.

Di Lions, Ryan Santoso gagal mendapat kesempatan tampil di musim reguler NFL. Dia kesulitan bersaing dengan pemain senior, Sam Martin. Pria bertinggi 196 cm dan berat 118 kg ini kemudian dilepas Lions pada 30 Agustus 2019. 

 

3 dari 3 halaman

Sempat ke Kanada

Usai terpental dari Lions, Ryan Santoso sempat sebentar membela klub American Football asal Kanada, Montreal Alouettes pada 24 September 2019 sebelum dilepas 15 Oktober 2019. Ryan kemudian dikontrak Titans. 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Potret Ryan Santoso, Pemain NFL Pertama yang Berdarah Indonesia