Sukses

Kontroversi SEA Games 2019 di Filipina Berlanjut, Fotografer Dilarang Liput Upacara Pembukaan

Fotografer peliput SEA Games 2019 harus menelan rasa kecewa karena aturan yang dibuat oleh pihak penyelenggara terkait pengambilan gambar upacara pembukaan.

Manila- SEA Games 2019 di Filipina semakin menunjukkan kualitas buruknya. Kali ini, Panitia Penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC), menerbitkan aturan yang melarang fotografer meliput upacara pembukaan.

Larangan tersebut dikeluarkan oleh PHISGOC atas persetujuan Presiden Rodrigo Duterte. Orang nomor 1 di Filipina itu kabarnya tak ingin melihat terlalu banyak fotografer yang meliput upacara pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019).

"Fotografer dari media lokal dan asing dilarang mengambil gambar selama upacara pembukaan berlangsung di dalam arena. Jika kalian membutuhkan gambar, silakan mengunduh di situs resmi kami," kata Pauline Ick, Direktur Broadcast dan Media SEA Games 2019, Jumat (29/11/2019).

Larangan ini tentu saja sangat menggelikan untuk event sekaliber SEA Games 2019. Jika dibandingkan, event yang lebih besar semisal Olimpiade dan Asian Games tidak pernah mengeluarkan larangan pengambilan gambar oleh fotografer.

Aturan lebih jelas, yakni dengan melakukan pembatasan jumlah media yang diperbolehkan mengirimkan fotografernya. Biasanya, media terpilih mendapatkan kupon buat fotografer yang dilengkapi nomor area pengambilan gambar.

Hal ini tentu saja membuat para fotografer yang telah datang dari luar Filipina untuk meliput SEA Games 2019. Apalagi, event ini tergolong bergengsi buat negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap/Endo, published 30/11/2019)

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabar Langsung Bola.com dari Filipina

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.