Sukses

Mesin Baru Yamaha Bikin Rossi Pede Hadapi MotoGP 2020

Valencia - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, merasa senang dengan persiapan timnya menghadapi MotoGP 2020. Menurut pri asal Italia itu, Yamaha melakukan banyak perubahan yang positif.

Dalam tes hari pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Selasa (19/11/2019), Valentino Rossi menjajal mesin dan sasis baru Yamaha YZR-M1. The Doctor tampil cukup baik pada tes tersebut.

Melakukan 73 lap, Rossi menempati posisi sembilan dengan catatan waktu 1 menit 31,012 detik. Dia terpaut 0,849 detik dari jagoan Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, yang berada di urutan teratas.

Meski tidak menorehkan waktu terbaik, Valentino Rossi mengaku puas dengan performa mesin dan sasis anyar YZR-M1. Selain itu, dia juga memuji cara Yamaha dalam mempersiapkan diri menghadapi musim depan.

Tim berlogo garpu tala itu hanya menyiapkan satu mesin untuk dijajal oleh Rossi dan Maverick Vinales. Hal itu berbeda dibandingkan dengan musim lalu, di mana Yamaha memiliki beberapa jenis mesin untuk dicoba dan dipilih oleh Valentino Rossi dan Vinales di MotoGP.

2 dari 3 halaman

Program Lebih Jelas

"Saat ini lebih banyak berubah dibandingkan tahun lalu, karena tahun lalu kami memiliki dua atau tiga mesin yang berbeda untuk dipahami. Sekarang hanya mesin ini," ujar Rossi.

"Ini adalah caranya dan kami memiliki langkah yang berbeda, tetapi ini adalah mesin baru. Saya suka cara Yamaha bekerja, karena lebih sedikit kebingungan dibandingkan musim lalu, program saat ini lebih jelas," lanjut Valentino Rossi.

"Motor baru sedikit berbeda di sasis dan sedikit berbeda di mesin dan elektronik. Ini sudah ketiga kalinya kami mencoba motor YZR-M1, tetapi ini masih prototipe jadi mungkin tahun depan kami juga bisa memiliki langkah lain," papar The Doctor.

 

3 dari 3 halaman

Sektor yang Wajib Dibenahi

Valentino Rossi merasa puas dengan prototipe motor YZR-M1 yang dipakai pada tes hari pertama MotoGP. Meski begitu, dia menyebut ada beberapa sektor yang harus dibenahi, yakni perangkat elektronik dan mesin.

"Tetapi perasaan saya dengan motor baru positif, dan kami sudah berada pada level yang baik. Pertama-tama, bagi saya elektronik dan mesin adalah area di mana kami harus tingkatkan, terutama mesin," ucap Rossi.

"Sekarang sepertinya Yamaha setuju. Tetapi juga di sasis, mereka berusaha untuk kelincahan yang lebih baik atau ketika Anda melakukan pengereman, agar sedikit lebih cepat saat memasuki tikungan. Sasis baru bagus, saya suka," kata pembalap berusia 40 tahun tersebut. 

Sumber: Crash

Loading
Artikel Selanjutnya
Sulit Berkegiatan, Casey Stoner Idap Kelelahan Kronis
Artikel Selanjutnya
Tidak Juara MotoGP, Dovizioso Tetap Jadi Idola Pembalap Aprilia